UNS Ciptakan Aplikasi Presensi Mahasiswa

SOLO (KRjogja.com) – Unit Pelaksana Teknis Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (UTP TIK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo meluncurkan aplikasi presensi bagi mahasiswa. Aplikasi 'Presensi Mobile UNS' ini mulai diterapkan pada perkuliahan semester ganjil 2016/2017.

Kepala Layanan Pengembangan Perangkat Lunak, Drs Winarno menjelaskan aplikasi berbasis android tersebut bisa diunduh di Play Store. Aplikasi ini merupakan peningkatan dari aplikasi presensi berbasis website yang input data presensi mahasiswa dilakukan operator di tingkat program studi dan fakultas.

"Aplikasi berbasis website operator sering terlambat saat melakukan input data. Kendalanya yang dihadapi banyaknya data yang harus dimasukkan secara manual satu per satu ke sistem informasi akademik (SIAKAD) sehingga ketika perkuliahan selesai, daftar presensi belum dientry sampai 2-3 hari atau bahkan seminggu," katanya.

Aplikasi “Presensi Mobile UNS” diciptakan agar proses input data presensi mahasiswa bisa stabil, valid, dan setiap hari terdata. Prosedur penggunaan aplikasi tersebut adalah aplikasi harus sudah terpasang di gawai, baik milik dosen maupun mahasiswa. Selanjutnya dosen melakukan log in dengan menggunakan akun Single Sign On (SSO) dan membuka mata kuliah yang diampu dan muncullah halaman daftar mahasiswa. (Qom

UNS

BERITA REKOMENDASI