UNS ‘Gembleng’ Lulusannya ke Taiwan

SOLO, KRJOGJA.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo merekrut lulusan Diploma III (D-III) untuk diikutkan dalam pelatihan dan pendidikan magang selama satu tahun di Taiwan. Berikutnya mereka diizinkan melanjutkan pendidikan ke jenjang master degree strata 2 (S-2) di Cheng Shiu University.

Program itu terselenggara berkat kerjasama UNS dengan Taiwan Center Indonesia bersama Kementerian Pendidikan (Ministry of Education) Republik of China (Taiwan). Wakil Rektor IV UNS Solo, Prof Dr Widodo Muktiyo mengemukakan, Selasa (05/12/2017).

Ia baru saja berkunjung ke sejumlah perguruan tinggi terkemuka di Taiwan guna membangun kerjasama antar-universitas di bidang International Program of Industry-Academia Collaboration, di antaranya melalui "Vocational Acceleration Program for Master Degree Preparation di Taiwan".

Cheng Shiu University memiliki hubungan baik dengan industri dan terlibat aktif dalam mempromosikan kerjasama antara industri dengan dunia akademik. "Itu salah satu alasan UNS bekerjasama dengan universitas di Taiwan," kata Prof Widodo.

Taiwan membidik calon mahasiswa dari Indonesia untuk mengikuti program kuliah plus magang industri internasional di perusahaan. Di Cheng Shiu University, ada 2 bidang yang ditawarkan yaitu Teknologi Pangan dan Bisnis Internasional, yang pelaksanaaannya dijadwalkan Februari 2018-Januari 2019. Kerjasama difokuskan pada pengembangan sekolah vokasi UNS yang akan membawahi program double degree.

Sebelumnya telah dilakukan rekrutmen mahasiswa Technical Engineering di UNS yang berhasil menyeleksi 18 lulusan SMK/SMA untuk menjadi mahasiswa program sarjana di Cheng Shiu University.(Qom)

 

UNS

BERITA REKOMENDASI