UNS Kembangkan Studi di Luar Kampus Utama

SOLO, KRJOGJA.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berencana mengembangkan Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) di kampus Kebumen. Sementera ini baru ada satu program studi yakni  Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). 

"Ke depan akan kita tambah program studi baru sesuai kebutuhan masyarakat di Kebumen," jelas Prof Drs Sutarno MSc PhD, wakil rektor 1 UNS Solo, Sabtu (02/3).

Menurutnya, UNS sudah mengelar beberpa kali rapat untuk membahas pengembangan Kebumen. FKIP sudah cukup lama memiliki PGSD. Sejalan dengan perkembangan dan adanya kebutuhan sumber daya manusia (SDM) setempat, sangat berpeluang untuk dibuka program studi yang lain.

"Meski masih jauh, tapi mulai sekarang sudah dipersiapkan. Yang pasti di Kebumen sudah memiliki kampus," ujar Prof Sutarno. Hanya ia mengatakan bahwa minat masyarakat terhadap status pendidikan Diploma 2 (D2) kian menurun. Lapangan kerja ebih banyak membutuhkan lulusan Diploma 3 (D3).

Merespon perkembangan itu, kata Prof Sutarno UNS siap meningkatkan program Dipkoma 3 pada Program Studi Di Luar Domisili (PDD) Akademi Komunitas Negeri Madiun (Aknema). Jadi selain di Kebumen, UNS juga membina di Aknema. Di daeah lain sangat dimingkinkan dibuka program serupa sebagai upaya pengembangan SDM di daeah.

Dalam pembukaan program studi di PSDKU harus menyesuaikan syarat  yakni prodi di kampus utama  harus terakreditasi A. Prodi yang saat ini dibuka di Aknema PDD UNS adalah Teknik Informatika, Pengolahan Pangan, dan Teknik Elektronika.

Tiga prodi itu jika tidak bisa dipeerahankan karena aturan, akan dialihkan ke prodi lain yang sudah terakreditasi A. Fakultas Ekonomi ada banyak prodi yang sudah akreditasi A, Desain Komunikasi dan Visual (Diskomvis), dan Sospol juga ada. (Qom)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI