UNS Menerima 3.345 Calon Mahasiswa Baru Lewat SBMPTN 2018

SOLO, KRJOGJA.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menerima 3.345 calon mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018. Bagi mereka yang diterima diharapkan melakukan daftar ulang agar sisa kuota 20 persen bisa dimanfaatkan secara optimal pendaftar jalur mandiri.

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNS, Prof Sutarno MSc PhD menjelaskan dari 3.345 yang diterima SBMPTN tercatat ada 953 calon penerima beasiswa Bidik Misi. "Diantara calon penerima Bidik Misi dimungkinkan tidak lolos jika keadaan dan penghasilan tidak sesuai," katanya, Selasa (3/7/2018).

UNS akan menurunkan 'pasukan' untuk melakukan verifikasi keadaan orangtua calon penerima Bidik Misi. Karena beasiswa ini diperuntukkan bagi mereka yang tidak mampu. Jumlah calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN lebih dari 50 persen daya tampung 6171 mahasiswa.

Sementara Prof Dr Ravik Karsidi MS, Ketua Panitia Pusat SNPMB  PTN 2018 mengatakan banyak kemajuan yang dicapai dalam pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SBMPTN) 2018. Seperti meningkatnya peserta ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dan suksesnya ujian seleksi berbasis android yang diikuti 1000 peserta.

Ke depan model UTBK maupun ujian berbasia Android akan terus dikembangkan. Ini seiring dengan rencana pengurangan ujian tulis berbasis cetak (UTBC). Trend-nya harus seperti UTBC berkurang UTBK dan ujian berbasia Android meningkat.(Qom)

BERITA REKOMENDASI