UNS Serius untuk Menjadi World Class University

SOLO, KRJOGJA.com – Prof Dr Jamal Wiwoho tak ingin kerjasama yang dijalin Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo hanya di atas kertas saja. Setelah dilakukan ditandatangani MoU harus ada tindak lanjut kerja nyatanya (action).

"Sekarang baru saya pantau MoU mana saja yang sudah ada realisasinya, termasuk dengan luar negeri," tandas rektor UNS Prof Jamal, Senin (23/9/2019).

Ia kini tengah terbang ke China  dalam rangka menjalin kerjasama dengan Guangxi University, salah satu perguruan tinggi favorit di bagian selatan Nanning, China. Sebelumnya ia juga memperbarui kerjsama dengan Al Azhar University Mesir. Semua itu ditempuh untuk meneguhkan diri sebagai World Class University.

"Kami baru saja menandatangani kerjasama dengan rektor Guangxi University Prof Dr Yueyu Zhao," kata Prof Jamal. Ke depan segera dilakukan join publikasi internasional, kerjasama in outbond student, kerjasama riset dan lecturer exchange atau pertukaran dosen.

Begitu pun dengan Mesir segera ditindaklanjuti pertukaran dosen salah satunya untuk memperkuat pengembangan ekonomi syariah di Fakulatas Ekonomi dan Bisnis (FEB) maupun Sastra Arab. Prof Jamal juga ingin mengembangkan pusat studi yang ada di Al Azhar, seperti Bahasa Indonesia.

Prof Jamal telah meminta wakil rektor bidang kerjasama untuk memdata aktivitas MoU yang telah terjalin dengan UNS. Termasuk untuk mengembangkan sistem peringatan dini agar diketahui MoU yang akan berakhir masanya. "Jangan sampai kita tidak tahu ada MoU yang sudah akan habis masanya," pungkasnya.(Qom)

BERITA REKOMENDASI