UNS Tambah Dua Guru Besar

SOLO (KRjogja.com) – Dua orang guru besar baru Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo siap dikukuhkan iatitu Prof Dr Ir Suwarto MSi dari Fakultas Pertanian dan Prof Dr I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani MM dari Fakultas Hukum. Keduanya akan dikukuhkan rektor Prof Dr Ravik Karsidi MS, Sabtu (26/11).

Prof Suwarto akan menyampaikan orasi Peran Kelembagaan Petani Lahan Kering dalam Optimalisasi Rumah Tangga Berkelanjutan. Ia banyak meneliti tentang kehidupan keluarga petanidi DI Yogyakarta seperti Gunung Kidul. "Di Gunung Kidul banyak petani yang harus bekerja di sektor non pertanian untuk mencukupi kebutuhan," jelasnya, Kamis (24/11/2016).

Ada yang bekerja ikut proyek perbaikan jalan, kemudian buruh banginan atau kayu, pembuatan kerajinan rotan serta berjualan bakso. Pekerjaan di luar pertanian itu harus dilakukan karena kecilnya pendapatan. Lahan mereka rata rata kecil sehingga pendapatannya UMR. Meski ada pendapatan tambahan mereka tetap tidak bisa menyisihkan. Karena semua habis untuk menutup kebutuhan.

Sementara Prof Ayu pidatonya akan menyoroti Meneguhkan Eksistensi dan PerananHukum Administrasi Negara dalam  dalam penyelesaian konflik Tenurial kawasan hutan di Indonesia. Prof Ayu adalah guru besar ke 6 di FH.(Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI