UNS Tawari Lulusan Cumlaude Beasiswa Lanjut S-2

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRjogja.com) – Lulusan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang meraih predikat cumlaude mulai diperhatikan. Mereka setelah wisuda tidak lepas begitu saja, tapi diberi tawaran beasiswa untuk melanjutkan studi lanjut S-2. Dari para lulusan terbaik itu UNS ingin mendapat hasil riset berkualitas yang terpublikasi di jurnal terindeks scopus.

"Kami optimis melalui program itu bisa membuahkan hasil riset berkualitas yang bisa menembus jurnal terindeks scopus. Karena mereka adalah lulusan terbaik di UNS," jelas Prof Drs Sutarno MSc PhD, wakil rektor 1 UNS, Senin(12/6).

Untuk angkatan pertama ada 129 orang lulusan cumlaude yang berminat mendapatkan beasiswa. Mereka telah menjalani tes TPA dan Bahasa Inggris. Dari jumlah itu yang dinyatakan lolos 120 orang. Ada sembilan yang gagal karena tidak mengikuti tes dan seorang jurusan yang dipilih tidak linier.

Prof Sutarno mengatakan dari 120 yang diterima tidak seluruhnya lulusan cumlaude. "UNS juga menerima lulusan tidak cumlaude tapi memiliki IP 3.3 dan mempunyai karya yang terpublukasi di jurnal terindeks scopus," jelasnya. Apakah ada ? "Ada dan jumlahnya puluhan orang."

Itulah ang membagakan. Diantara mereka ada yang sudah mengantongi 6 karya. "Jadi baru lulus S1 saja mereka sudah memiliki 6 karya terpublikasi di jurnal terimdek scopus," tutur Prof Sutarno. Dasar inilah yang membuat optimisme mendongkrak hasil riset UNS.

Semula Prof Sutarno ingin bisa merekrut 500 lulusan terbaik. Tapi karena dana yang tersedia hanya Rp 3 milyar, maka dipakai untuk membiayai 150 orang. Dan ternyata yang mendaftar 129 orang. Mereka telah mendantangi kontrak yang dua tahun ke depan bisa membuahkan hasil riset yang berkualitas dan terpublikasi dibjurnal terindeks scopus. (Qom)
 

UNS

BERITA REKOMENDASI