Unwidha Klaten Siapkan Pemimpin Bangsa Berkarakter dan Cerdas

KLATEN, KRJOGJA.com – Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten untuk pertama kalinya menggelar Wisuda tatap muka, di masa pandemi Covid 19. Para mahasiswa yang diwisuda pada Selasa (13/10/2020), merupakan lulusan pertama dari produk kurikulum baru 2015, yang diterapkan oleh Unwidha. Yakni kurikulum berbasis standar nasional pendidikan tinggi.

Rektor Unwidha Klaten Prof Dr Triyono MPd dan Ketua Yayasan Pendidikan Indonesia (YPI) Klaten Dr Basuki MM mengemukakan, salah satu ciri kurikulum berbasis SN Dikti adalah, dengan memasukkan mata kuliah pendidikan karakter. Semua mahasiswa seluruh program studi, mulai tahun 2015 memperoleh mata kuliah pendidikan karakter. Esensinya adalah, sejak 2015 Unwidha telah menyiapkan sumber daya manusia yang berkarakter untuk menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

Penekanan mata kuliah pendidikan karakter, mahasiswa dibiasakan untuk punya sikap-sikap religius, beriman dan bertakwa pada Tuhan. Punya sikap jujur, apa yang dipikirkan, diucapkan dan dikerjakan harus konsisten. Punya rasa empati, bisa merasakan kesulitan atau penderitaan orang lain. Toleransi, menghargai dan bisa hidup dengan orang lain meski dalam perbedaan. Demokratis, tidak memaksakan kehendak.

BERITA REKOMENDASI