UP 45 Optimistis Jaring 750 Mahasiswa Baru

SLEMAN, KRJOGJA.com – Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta optimistis mampu menjaring 750 mahasiswa baru dalam seleksi dan kerjasama yang sudah dilakukan selama ini. Jumlah ini terus mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu dan Teknik Perminyakan masih menjadi daya tarik tersendiri.

"Sampai saat ini ada 416 mahasiswa yang sudah diterima. Dari jumlah itu, sebanyak 85 orang sudah mendaftar ulang. Per Maret jumlah peminat sudah menunjukkan hasil positif namun turun lagi pada April karena beberapa hal seperti calon mahasiswa bersiap Ujian Nasional sampai SNMPTN. Tak jarang pula ada yang langsung melihat kampus meski belum registrasi ulang," ungkap Wakil Rektor III UP 45 Yogyakarta M Ali Sukrajap SE, MBA kepada KRJOGJA.com belum lama ini.

Ali menjelaskan setiap tahun UP 45 menerima sekitar 300 mahasiswa baru dan pada tahun khusus tahun ini telah membentuk tim khusus menangani pola rekrutmen penerimaan. Tim melakukan sosialisasi ke sekolah yang ada di Klaten, Karanganyar, Gunungkidul dan Sleman. Bahkan, tim mulai bekerja sejak September 2016 guna menjaring mahasiswa untuk tahun ajaran 2017 dan terus bekerja untuk penerimaan tahun selanjutnya (2018).

"Kami menjalin kerjasama dengan guru BK di sekolah Jateng-DIY. Kami juga aktif di medsos untuk memperkenalkan UP 45 Yogyakarta dan menyediakan beasiswa bagi calon mahasiswa berprestasi. Sampai saat ini ada 100 slot beasiswa yang ditawarkan, namun yang digunakan baru 20 slot," ungkap Ali didampingi Wakil Rektor I Syamsul Ma'arif ST MEng dan unsur pimpinan kampus lainnya.

Ali menambahkan saat ini UP 45 Yogyakarta memiliki lima fakultas dan tujuh program pendidikan. Diantaranya adalah fakultas teknik, fakultas ekonomi, fakulas hukum, Fisipol dan Psikologi. Namun, yang paling diminati adalah Teknik Perminyakan dan UP 45 Yogyakarta termasuk salah satu dari lima perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan ini dengan lulusan yang mampu tererap pasar tenaga kerja. 

"Di Yogyakarta sendiri hanya dua perguruan tinggi yang membuka Teknik Perminyakan. Salah satunya adalah UP 45 Yogyakarta. Kami juga menyediakan kelas karyawan dengan jam kuliah malam dengan tidak ada keistimewaan. Jadi mereka tetap mengikuti perkuliahan sesuai ketentuan yang ada," tandasnya. (Tom)

BERITA REKOMENDASI