UPNVY Raih Peringkat Pertama Penilaian SKBNI 2017

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRjogja.com – UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) meraih peringkat pertama dalam penilaian Sinergi Kampus Bela Negara Indonesia (SKBNI) Tahun 2017. 

Bersama empat universitas lainnya, UPNVY berhak menerima piala dan serifikat sebagai kampus yang berkomitmen mengimplementasikan nilai-nilai bela Negara. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti, Prof. Ali Gufron Mukti pada acara Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis UPNVY ke-59, Jumat (15/12/2017) yang didampingi ketua dewan juri yaitu Prof. C. Danisworo di Auditorium UPN.

Empat kampus lainnya yang menerima penghargaan yaitu UPN Jawa Timur, Universitas Muria Kudus, Universitas Pembangunan Panca Budi, dan Universitas Timor. Bagi UPNVY, penghargaan ini merupakan kado Dies Natalis ke-59.

“Kami berterimakasih karena dipercaya untuk meraih peringkat ini. Ini merupakan amanah bagi kami untuk terus mengimplementasikan dan menanamkan nilai-nilai bela Negara,” ujar Rektor UPNVY, Prof Sari Bahagiarti usai menerima penghargaan.

SKBNI 2017 merupakan program yang diinisiasi oleh UPNVY untuk mengajak seluruh perguruan tinggi di Indonesia berkomitmen mengimplementasikan nilai-nilai bela negara. Pemeringkatan kampus bela Negara dilaksanakan secara Nasional sebagai salah satu tolak ukur implementasi bela Negara di lingkungan akademisi.

Penilaian peringkat SKBNI dilakukan secara independen dan dinilai oleh dewan juri berdasarkan indikator nilai terutama berkaitan dengan tri dharma perguruan tinggi. Indikator lain dalam penilaian tersebut seperti berkaitan dengan cinta tanah air, penanaman pancasila dan seterusnya. Adapun jurinya melibatkan berbagai pihak, seperti tokoh masyarakat, dari perguruan tinggi lain serta dari Kementerian Pertahanan, Kemenristek Dikti hingga wartawan. Hasil pemeringkatan akan diserahkan ke Kementerian Pertahanan sebagai acuan dan referensi bagi perguruan tinggi lain. (Lucia Yuriko)

 

UPN

BERITA REKOMENDASI