Usai Ikuti KKN, Mahasiwa Pamerkan Beberapa Produk Olahan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Usai KKN selama selama satu bulan, 192 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UM Magelang) menggelar kegiatan Expo Potensi Desa di Pendopo Lapangan drh Soepardi Sawitan Magelang, Kamis (28/02/2019). 

Ketua Panitia KKN UM Magelang Dra Retno Rusdjijati MKes mengungkapkan expo ini merupakan puncak kegiatan KKN Tematik ke-47 dan ajang pemaparan mahasiswa dalam mengimplementasikan program-program mahasiswa selama mengabdikan diri kepada masyarakat di masing-masing kelompok KKN.   

“Dalam kegiatan expo, mahasiswa memamerkan produk olahan unggulan dari 8 desa dan 19 dusun yang berada di Kecamatan Mertoyudan dan Kecamatan Mungkid," kata Retno. Yang dipamerkan diantaranya produk olahan makanan ternak dari fermentasi kulit singkong sehingga awet dan dapat disimpan dalam jangka lama, olahan ikan nila yang menjadi abon dan dapat dipasarkan. Selain itu ada juga pemberdayaan perekonomian desa melalui kesenian maupun keterampilan berwirausaha. 

Puluhan stan pameran yang hadir dalam expo dinilai oleh tim untuk diberikan penghargaan bagi stan terbaik serta poster paling kreatif. Selain itu panitia juga memberikan penghargaan bagi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) terbaik.

Rektor UM Magelang Ir Eko Muh Widodo MT berharap agar kegiatan KKN dengan tema “Implementasi Ipteks dalam Penanggulangan Kemiskinan di Wilayah Kabupaten Magelang” kali ini dapat memberikan stimulus bagi mahasiswa dalam proses interaksi di masyarakat. “Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat ikut serta membantu masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan.” katanya.

Sementara itu Camat Mungkid Drs Sukamtono diantaranya mengatakan upaya Pemerintah Kabupaten Magelang dalam upaya menanggulangi kemiskinan mempunyai target angka kemiskinan turun sebesar 8 persen. Dengan berakhirnya KKN ini, diharapkan mahasiswa dapat membantu pemerintah mencapai target dalam mengentaskan kemiskinan tersebut.(Tha)

BERITA REKOMENDASI