USD Selenggarakan Vaksinasi Massal untuk Masyarakat

YOGYA, KRJOGJA.com – Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan vaksinasi massal bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. USD memperoleh 30.000 dosis vaksin jenis Sinovac, yaitu 15.000 dosis untuk vaksinasi pertama dan 15.000 dosis untuk vaksinasi kedua. Penyelenggaraan vaksinasi tahap pertama telah dilaksanakan tanggal 21-25, dan 27 September 2021 di Kampus I USD, Mrican, serta tanggal 29 September 2021 bertempat di Kampus III USD, Paingan. Peserta vaksinasi adalah mahasiswa dan masyarakat umum.

Sampai saat ini pendaftaran peserta vaksinasi masih berlangsung, mahasiswa dan masyarakat umum yang belum vaksinasi atau sudah vaksinasi jenis Sinovac dosis 1 namun belum mendapat kesempatan vaksinasi dosis 2, dapat melakukan pendaftaran secara online melalui https://usd.ac.id/vaksin. Jika pendaftaran peserta telah berhasil, undangan vaksinasi akan dikirimkan melalui WhatsApp. Pendaftaran peserta vaksinasi akan ditutup tanggal 8 Oktober 2021. Vaksinasi akan dilaksanakan tanggal 2, 6, dan 9 Oktober 2021 bertempat di Kampus I USD, Mrican pukul 08.00 – 12.30 WIB.

Yustina Dwi Retno Winarsih, A.Md.Kep. selaku Ketua Pelaksana penyelenggaraan vaksinasi di USD menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar. Adapun kekurangan yang terjadi akan dievaluasi bersama, di hari yang sama, sehingga pelaksanaan vaksinasi dapat menjadi semakin baik hingga akhir.

Syarat untuk mengikuti vaksinasi dosis 1: usia minimal genap 12 tahun, jika dalam kondisi hamil, wajib membawa buku KIA, dan KTP/KK bebas, sedangkan syarat vaksinasi dosis 2, telah tervaksin dosis 1 Sinovac minimal 28 hari. Alur pelayanan vaksinasi dimulai dari registrasi untuk mengecek data peserta vaksinasi, kemudian pengecekan tensi. Proses selanjutnya skrining, untuk menanyakan peserta vaksinasi memiliki penyakit bawaan atau tidak, lalu ke vaksinasi, dan terakhir observasi.

BERITA REKOMENDASI