UTBK dan SBMPTN 2020, IPA Bisa Pilih Jurusan Prodi IPS

JAKARTA, KRJOGJA.com -Pendaftaran
Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 ini berbeda, untuk Siswa IPA bisa lintas jurusan memilih prodi-prodi IPS di universitas tujuannya,t api Siswa IPSbelum tentu bisa memilih prodi-prodi IPA/saintek .

Ketua Pelaksana Ekseskutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo dalam media daring Selasa (9/6 2020) menjelaskan dalam masa pendaftaran yang berlangsung hingga 20 Juni 2020 ini, peserta diminta memperhatikan persyaratan setiap program studi (prodi) yang akan diambilnya.

Budi Prasetyo menyebut, ada aturan tertentu dalam memilih prodi yang memungkinkan peserta memilih lintas prodi.  Khususnya untuk siswa dari jurusan IPA bisa memilih prodi jurusan IPS/Sosial humaniora saat SBMPTN.

“Sebaliknya IPS belum tentu bisa memilih prodi-prodi IPA/saintek. Sebab dia tingkat kegagalan siswa IPS saat memilih prodi IPA sangat tinggi. Kita melihat ada tingkat kegagalan hingga 90 persen jika siswa jurusan IPS memilih prodi saintek. Tapi memang ada di beberapa universitas yang memberi peluang jurusan IPS atau bahasa masuk ke prodi IPA. Itu silakan dicek di laman LTMPT nantinya, masing-masing PTN punya aturan yang berbeda,” jelas Budi.

BERITA REKOMENDASI