Wisuda STIE ”YKP” Ciptakan Lulusan Berdaya Saing Global

YOGYA, KRJOGJA.com – Ketua Sekolah tinggi ilmu Ekonomi “YKP” mewisuda 247 lulusan program sarjana pada Sabtu (4/12/2021) di Grha Sarina Vidi Yogyakarta secara luring dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Sejumlah 247 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa S1 Akuntansi dan S1 Manajemen berhasil lulus dengan membanggakan.

Ketua STIE “YKP” Drs. Khadari, MM Msi Ak CA dalam sambutannya mengatakan keberhasilan yang telah diraih dalam jenjang sarjana baik sarjana Akuntansi maupun Manajemen adalah sebuah prestasi yang sangat membanggakan dan membuka kesempatan untuk berkarir dalam dunia kerja, berwiraswasta atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ke – jenjang Strata 2 (S2). Khadari juga menambahkan pentingnya penguasaan pemahaman keahlian bagi lulusan STIE “YKP” dalam rangka memperkuat kompetensi dan memiliki daya saing global sehingga dapat melengkapi dan menambah nilai kesarjanaan yang sudah diraih.

“Peningkatan keahlian harus terus dilakukan oleh wisudawan untuk mampu menghadapi tantangan saat ini yang lebih sulit dan kompleks, pengetahuan dan penguasaan digital skill mutlak untuk dikuasai, selain itu saudara perlu melakukan peningkatan keahlian diri baik dibidang intelektual skill (keahlian intelektual), communication skill (keahlian komunikasi) maupun interpersonal skill (keahlian interpersonal),” tuturnya.

Dalam meningkatkan kompetensi lulusan yang berdaya saing global diperlukan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi baik didalam maupun luar negeri, pada saat ini STIE “YKP” telah menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi luar negeri diantaranya Rajamanggala University of Technology Krungteb Thailand, Hatyai University Thailand, Prince of Songkla University Thailand, Fatoni University Thailand, Universiti Malaysia Sabah, System Plus College Faungation Philippines, Lyceum of the Philippines University, Imus Institute of Science and Technologi Philippines, Tarlac Agriculture University Philippines dan Chitkara University India.

Hadir dalam acara tersebut Pembina Yayasan Karya Pendidikan Prof. Dr. R.A Supriyono, MSc Ak CMA dan memberikan orasi ilmiah Wisuda STIE “YKP” dengan judul Tantangan Wisudawan STIE YKP dalam Era Revolusi Industri 4.0. Beliau menyampaikan Lulusan STIE YKP diharapkan dapat bekerja pada berbagai macam bidang profesi akuntansi dan manajemen. Lulusan STIE YKP dapat memasuki dan menciptakan lapangan kerja pada sektor swasta yang bertujuan laba, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), sektor publik bertujuan nonlaba, dan sektor pemerintah. Sektor perusahaan yang dimasuki dapat tingkat lokal, nasional maupun global (internasional) tergantung kemampuan masing-masing setiap lulusan.

“Profesi akuntansi dan manajemen harus meningkatkan mutu profesi dan tata kelola organisasi dan pribadinya agar terhindar dari jerat disrupsi Revolusi Industri 4.0 dan dapat memanfaatkan setiap peluang yang ada,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI