Wisuda UNY, Putri Raihana Raih IP Tertinggi

YOGYA, KRJogja.com – Sebanyak 1.490 mahasiswa dari jenjang S1, S2 dan S3 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) diwisuda, Sabtu (27/11/2021). Putri Raihana Nur Aulia, SE dari jurusan Akuntansi meraih IP tertinggi, 3,91. Sedangkan IP sempurna, 4,0 diraih lulusan S2, dari program Pendidikan Biologi, Rifqi Rasis MPd.

Sebagai bentuk apresiasi tertinggi kepada para mahasiswa yang telah menuntaskan pendidikannya, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar wisuda pada setiap tahunnya. Khusus pada Parade Wisuda November UNY 2021 yang digelar pada 27 November 2021, UNY

Wisuda yang digelar secara daring tersebut mengangkat tema “ Pahlawanku Insprirasiku”. Dari 1.490 mahasiwa yang diwisuda, dari 13 lulusan Program Doktor, 299 lulusan Program Magister, 1.024 lulusan Program Sarjana dan 154 lulusan Program Diploma dengan penyandang predikat cumlaude sebanyak 853 lulusan.

Upacara wisuda ini adalah periode ke dua untuk akademik tahun 2021 Universitas Negeri Yogyakarta. Satu persatu mahasiswa yang memiliki IPK tertinggi menyampaikan pidato mewakili rekan-rekan para wisuda. Rifqi Rasis, M.Pd. Dari pendidikan Biologi S2 menjadi wisudawan peraih IPK Tertinggi Program Pascasarjana (S2) IPK : 4.00 dan untuk peraih IPK tertinggi dengan IPK 3.91 Program Sarjana (S1) yaitu Putri Raihana Nur Aulia, S. E. Akuntansi S1. Sedangkan Putri Reza Damayanti, A.Md.A.B Administrasi Perkantoran D-III menjadi wisudawan peraih IPK tertinggi sebesar 3.83.

Dari tema “Pahlawanku Inspirasiku” sesuai dengan Peringatan Hari Pahlawan. Tema ini mengandung arti bahwa setiap insan masyarakat Indonesia seyogyanya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai potensi dan profesi masing-masing

Universitas Negeri Yogyakarta menggelar upacara wisuda secara daring yang diikuti

Acara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat serta memastikan seluruh panitia dan pihak telah divaksinasi. Kegiatan ini merupakan kegiatan wisuda dan bukan menjadi yang pertama untuk dilaksanakan wisuda secara luring sejak pandemi Covid-19.

Rektor UNY, Prof Dr Sumaryanto menyampaikan kebanggaannya karena dapat menyelenggarakan wisuda secara konsisten walaupun dilaksanakan secara daring. Rektor Dberharap agar momen wisuda ini dapat dijadikan tonggak penting di dalam kehidupan para lulusan, dan menjadi titik tolak untuk bisa mendapatkan pencapaian prestasi yang lebih baik.

Dikemukakan pula, UNY telah membangun komitmen tinggi dan kepedulian yang besar terhadap kualitas pendidikan para mahasiswa selama menempuh perkuliahan. Karenanya diharapkan para lulusan Universitas Negeri Yogyakarta dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kompetensi, profesional dan berbudi perkerti luhur.

Bagi dunia pendidikan tinggi, momen pandemi ini justru menjadi waktu yang tepat untuk memperbaiki ekosistem pendidikan. Perguruan tinggi harus lebih responsif menghadapi tantangan yang ada. Dengan merdeka belajar kampus merdeka, perguruan tinggi baik dosen dan mahasiswa akan saling bersinergi untuk menghasilkan terobosan dan prestasi.

Afifah Chandra Noviani

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sasra Indonesia

Universitas Negeri Yogyakarta

BERITA REKOMENDASI