Wisudawan USD Berani Melompati Tembok Pandemi

YOGYA, KRJOGJA.com – Menjalani hidup di tengah pandemi selama 2 tahun ini Wisudawan Universitas Sanata Dharma (USD) diminta agar tidak kehilangan keberanian, kepercayaan diri, serta berbagai kemampuan karena pandemi berkepanjangan. Wisudawan USD dapat meloncat beribu kilometer apalagi secara digital. Serta jauh lebih cerdas untuk mengenali dunia seperti apa di balik pandemi ini.

“Wisudawan sebagai impala dan pandemi Covid-19 sebagai pagar temboknya. Keberdayaan dan keteguhan untuk berani melompati tembok pandemi akan semakin kuat bila wisudawan terus mengembangkan sikap terbuka, fleksibel, dan semangat belajar sepanjang hayat,” tutur Rektor USD Johanes Eka Priyatma, MSc PhD dalam sambutan saat Wisuda Program Sarjana, Diploma dan Magister USD, Selasa (8/3/2022) di Auditorium Driyakara Kampus 2 Mrican Yogya.

Dalam wisuda dengan prokes ketat dan digelar beberapa sesi hingga Sabtu (12/3/2022) ini Rektor mengutip kotbah Romo Rumanto SJ selaku Ketua Campus Ministry dalam Misa pembukaan Semester Genap Tahun Akademik 2021-2022, dengan menggunakan impala sebagai metafora untuk para wisudawan.

“Di alam bebas impala mampu melompat 10 m ke depan dan meloncat 3 M ke atas. Namun, di kebun binatang impala tidak mampu melompati tembok yang hanya setinggi 2 m karena takut. Ketakutan itu bersumber dari ketidakmampuannya melihat atau memprediksi situasi atau keadaan seperti apa yang ada di luar pagar tembok,” papar Rektor.

BERITA REKOMENDASI