Workshop  Metodologi Penelitian Pendidikan: Minim, Penulisan Artikel Ilmiah

Editor: Ary B Prass

 

 

SLEMAN, KRJOGKA.com – Prodi Pendidikan Guru SD (PGSD) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Pendampingan Pemahaman Metodologi Penelitian Pendidikan dan Penyusunan Artikel Jurnal.

Hengkang Bara Saputro MPd dan Sugeng Riyanto MPd selaku Tim Pelaksana sekaligus narasumber mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar.

“Workshop diselenggarakan secara offline dengan menjalankan protokol kesehatan di SD Muhammadiyah Kliwonan, Godean, Sleman, Yogyakarta. Peserta terdiri dari guru-guru kelas rendah dan kelas tinggi yang berjumlah 11 orang. Tingkat antusiasme dalam mengikuti kegiatan pengabdian sangatlah tinggi,” kata Bara Saputro, Senin (15/11/2021).

Dijelaskan, Pelatihan ini dilatar belakangai oleh pentingnya kenaikan pangkat dan golongan bagi guru, namun kemampuan yang harus dimiliki di antaranya adanya publikasi kegiatan ilmiah sebagaimana Permen PAN dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009.

Bentuk publikasi ilmiah dapat berasal dari penelitian action research, penelitian pengembangan, maupun eksperimen. Pengetahuan Guru SD tentang metodologi penelitian action research, R&D dan penelitian eksperimen serta penulisan artikel ilmiah pada jurnal yang masih minim menjadi masalah tersendiri bagi guru tersebut.

“Kegiatan pelatihan yang juga wujud dari pengabdian masyarakat tersebut bekerja sama dengan guru-guru di SD Muhammadiyah Kliwonan, Godean, Sleman,” kata Sugeng Riyanto.

 

BERITA REKOMENDASI