World Tourism Day 2018, Mahasiswa STP NHI Bersihkan Kota

BANDUNG, KRJOGJA.com – Program positif kembali dirilis Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung dalam mengangkat pariwisata Indonesia. Hal ini terlihat dari 2 kegiatan yang dirilis dalam memperingati Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day), 27 September 2018.

"Ini merupakan program untuk mendukung pariwisata Indonesia. Dimana pariwisata berkelanjutan menjadi sebuah program yang dikedepankan STP NHI Bandung. Yang tentunya menjadi salah satu pendukung kenyamanan dalam berwisata," ujar Ketua STP NHI Bandung Faisal, MM.Par., CHE.

Kegiatan ini mengusung tema “Bring Your Own Bottle” dan “Wonderful Tourism With Less Plastic”. Dimana program ini fokus kepada bahaya yang ditimbulkan oleh sampah plastik dalam bidang pariwisata. Sekaligus berbahaya bagi kehidupan sehari-hari.

Pasalnya belum lama ini marak pemberitaan mengenai sampah-sampah di tempat-tempat wisata seperti Pantai Kuta, Kepulauan Seribu, dan juga Kota Bandung. Padahal tempat-tempat tersebut merupakan destinasi wisata kuliner dan wisata belanja yang populer di Indonesia. 

Selain itu sampah plastik menjadi perhatian dunia. Pasalnya untuk membuat botol-botol plastik tersebut diperlukan kurang lebih 175 juta barel minyak bumi dalam setahun. Nyatanya biaya produksi tersebut setara dengan biaya pembuatan 1 juta unit  mobil.  Penelitian menyebutkan bahwa diperlukan waktu sekitar 1 milenium atau 1000 tahun untuk mengurai sampah plastik di tanah. Sementara Indonesia telah memproduksi kurang lebih 300 juta ton plastik. Hal ini berpotensi mencemari lingkungan. 

"Menanggulangi sampah terutama sampah plastik tidak bisa hanya menjadi tanggung  jawab satu atau dua pihak semata. Akan tetapi menjadi bagian dari tanggung jawab  sosial yang perlu kita tanggulangi bersama. Momentum ini adalah waktu yang tepat untuk mengingatkan kembali bahaya sampah plastik baik bagi dunia pariwisata maupun dunia sehari-hari," terangnya. (*)

BERITA REKOMENDASI