yuklarisin.com, Website Karya UGM Bantu Pedagang Kecil

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dunia startup memang berusaha menawarkan berbagai kebaikan untuk menunjang hidup manusia. Salah atu contoh teranyar yakni aplikasi yuklarisin.com yang diciptakan mahasiswa UGM untuk membantu pemasaran para pedagang kecil. 

Ialah Oka Priambodo, Ganang Satria Pertama, Roni Fernando dan Afiffah Nuur Mila Husniana yang menggagas aplikasi yuklarisin.com tersebut. Awalnya, mereka ternyata melihat permasalahan yang dihadapi para pedagang kecil di sekitar kampus. 

Bagi pedagang kecil, lakunya barang sangat berarti bagi kelanjutan hidup mereka sehari kedepan. "Pedagang kecil ini hampir semuanya menjajakkan dagangan dengan berkeliling dan ketika cuaca tak bagus maka jauh lebih sulit," ungkap Oka Priambodo kepada wartawan Jumat (8/9/2017). 

Melihat permasalahan itulah para mahasiswa lantas mengembangkan aplikasi digital untuk memudahkan para pedagang bertemu dengan pembeli tanpa harus bertatap muka. 

"Di yuklarisin.com ini kami hubungan para pedagang dengan pembeli. Saat ada pembeli mengklik barang yang diinginkan maka tersambung dengan Whatsapp customer service dan barang yang dibeli akan diantar langsung oleh tim kami," ungkapnya lagi. 

Hingga saat ini, beberapa pedagang seperti makanan siap saji, perabot rumah tangga, pakaian, lukisan hingga kerajinan tangan telah bergabung dan memasang berbagai barang dagangannya di yuklarisin.com. Para mahasiswa pun berharap, para pembeli semakin mudah untuk menemukan barang dari pedagang kecil dan berimbas pada naiknya perekonomian. 

"Kami berharap aplikasi ini bisa jadi solusi praktis dalam menyelesaikan persoalan yang dialami pedagang keliling dalam menjual dagangannya. Kami punya keinginan, pedagang kecil punya ruang lebih besar untuk memasarkan dagangannya, semoga semakin banyak lagi yang bisa ikut dan terbantu," imbuh Roni Fernando. 

Ketika dijajal, aplikasi yuklarisin.com ini terlihat cukup sederhana. Di bawah tampilan foto produk dan pedagang, ada kontak Whatsapp yang bisa dihubungi oleh calon pembeli. Cukup menarik dan membantu memang untuk para pedagang kecil yang mungkin belum terlalu akrab dengan media online. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI