Kedatangan Kampus Mengajar, Menjadikan SDN Karen Semakin ‘Keren’

BANTUL, KRJOGJA.com – Pendampingan belajar dilaksanakan di SD Karen, Tirtomulyo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, selama lima bulan, dari Agustus hingga Desember oleh mahasiswa UAD beserta mahasiswa lainnya. Pendampingan belajar tersebut dilaksanakan di jenjang kelas 5 guna mempersiapkan AN Asessmen Nasional.

“Pendampingan dilaksanakan juga untuk meningkatkan minat baca anak kelas 5. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Kamis. Namun masih dilanjutkan pembelajaran tatap muka sampai bulan Desember ini. Kegiatan tersebut yaitu membahas soal AKM literasi teks fiksi dan literasi teks informasi. Tahap pembelajaran di sekolah merupakan salah satu peningkatan literasi setiap mata pelajaran melalui buku pelajaran dengan membaca,” ujar Nur Resti Susilawati seorang mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang melaksanakan program Kampus Mengajar #2 sekaligus bertugas KKN. Dirinya adalah Mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Kemudian, selesai AN kelas 5, mahasiswa juga masih memberikan pendampingan belajar. Pendampingan belajar tersebut untuk persiapan Penilaian Akhir Semester (PAS). Siswa ternyata antusias mengikuti pembelajaran. Dengan program Kampus Mengajar sekaligus bertugas KKN ini dapat menumbuhkan semangat baru.

Kepala sekolah dan guru pamong mahasiswa KKN Kampus Mengajar bersemangat pula untuk menumbuhkan minat literasi di SD Negeri Karen agar menjadi ‘keren’. Karena dalam arti tingkat minat literasi peserta didik kelas 5 SD menjadi meningkat, lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Wali kelas 5 SD N Karen sangat mendukung dengan kegiatan tersebut. Menurut beberapa orang tua dari siswa kelas 5 bernama Faul dan Isna Meutya, mereka sangat terbantu dan mendukung kegiatan ini karena bermanfaat dalam pembelajaran anaknya.

UAD

BERITA REKOMENDASI