Kemendikbudristek Sediakan Layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri Secara Daring

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kemendikbudristek sediakan layanan penyetaraan ijazah luar negri secara daring. Demikian diungkapkan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek Prof Aris Junaidi, dalam webinar ‘Sukses Dalam Penyetaraan Ijazah Luar Negeri’ yang digelar di Jakarta, Senin (27/9/2021) malam.

“Saat ini untuk layanan penyetaraan ijazah daring, seperti verifikasi dilakukan secara daring. Sebelumnya, verifikasi berkas dilakukan secara hybrid,” ujar Aris.

Sebelumnya, SK penyetaraan ijazah luar negeri juga ditandatangani secara manual, hasil konversi nilai IPK juga terpisah dengan SK penyetaraan ijazah luar negeri, dan pengambilan SK penyetaraan ijazah dilakukan tatap muka. Namun saat ini, kata Aris, SK penyetaraan ijazah ditandatangani secara elektronik, hasil konversi nilai IPK menyatu dengan SK penyetaraan ijazah luar negeri, dan SK penyetaraan tersebut dikirim langsung ke email pengusul.

“Penyetaraan ijazah ini merupakan bentuk pengakuan atas kualifikasi ijazah yang diperoleh oleh perguruan tinggi luar negeri, dengan ijazah pendidikan tinggi di Indonesia,” ujar dia.

BERITA REKOMENDASI