Kepala LP3M UMY : Saatnya Sistem Hankamrata Dijalankan

Program ini dilaksanakan dengan metode “direct action” dan untuk eksplorasi data kondisi riil masyarakat, terutama kebutuhan pokok hidup dapat dilakukan berbasis masjid dan/atau dusun setempat. Sasaran program ini, yaitu masyarakat wilayah perkampungan yang umumnya memiliki aksesibilitas rendah.

Harapan dari program ini, menurut Gatot,  dapat menolong masyarakat sekitar dalam menghadapi kondisi yang kurang menguntungkan saat ini. “Insya Allah program ini akan dikembangkan secara berkesinambungan dengan model dan metode yang sesuai dengan kondisi masyarakat sasaran,” tambah Gatot.

Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat LP3M UMY Adhianty Nurjanah mengatakan program pengabdian masyarakat berbasis domisili ini adalah wujud nyata pengabdian UMY dalam membantu masyarakat yg terdampak krisis akibat Covid-19 terutama bagi masyarakat yang bekerja di sektor informal yang terdampak.

“Program ini diharapkan sebagai triger positif untuk selalu peduli dan berbagi.  Meskipun sedikit semoga bermakna bagi masyarakat sekitar. Dalam langkah awal ini kami membahi bahan pokok berupa beras, gula dan minyak goreng serta hand sanitizer. Di sini kami bekerja sama dengan dosen UMY, Pimpinan Ranting Muhammadiyah, Pemuda Muhammadiyah dan  takmir masjid yang berada di sekitar  kampus UMY,” kata Adhianty. (*)

BERITA REKOMENDASI