Ki Hadjar Dewantara Juga Tokoh Kebangsaan

YOGYA, KRJOGJA.com – Selama ini Ki Hadjar Dewantara selalu dihubungkan dengan pendidikan. Padahal, Ki Hadjar Dewantara juga tokoh kebangsaan. Banyak pemikiran Ki Hadjar Dewantara terkait dengan kebangsaan. Hal ini disampaikan oleh Anggota DPR RI Drs HM Idham Samawi ketika menyampaikan kesannya pada peluncuran Buku Tamansiswa & Indonesia serta Gelar Pameran Foto Dokumentasi & Memorabilia Tokoh Tamansiswa, di Kampus Pusat Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Senin (4/7/2022).

“Saya bangga menjadi anak tokoh Tamansiswa, karena banyak sekali yang saya dapat dari almarhum ayah saya, tentang ajaran Ki Hadjar Dewantara,” kata Idham Samawi. Foto ayah Idham Samawi yakni Ki Samawi ikut dipajang pada gelar pameran tersebut.

Idham Samawi menceritakan, ayahnya berasal dari Bukittinggi Sumatera Barat berdarah Minang. Sedang ibu dari Kuningan Jawa Barat berdarah Sunda. Tetapi Idham Samawi tidak diajari bahasa Minang oleh ayahnya dan tidak diajari bahasa Sunda oleh ibunya. Justru Idham Samawi fasih berbahasa Jawa. Ketika itu ditanyakan pada ayahnya, sang ayah menjelaskan ajaran Ki Hadjar Dewantara, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Itu Indonesia.

Cita-cita proklamasi juga merupakan buah pikiran Ki Hadjar Dewantara. Demikian pula ketika Ki Samawi saat awal menerbitkan SKH Kedaulatan Rakyat 27 September 1945, juga dikaitkan dengan ajaran Ki Hadjar Dewantara yaitu nasionalisme. Untuk mengabarkan kepada masyarakat luas bahwa Indonesia sudah merdeka. Karena saat itu masih banyak yang belum tahun kalau Indonesia sudah merdeka.

Menurut Idham Samawi sudah banyak sumbangsih Tamansiswa kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ki Hadjar Dewantara juga ikut berperan pada kemerdekaan RI, waktu itu duduk menjadi anggota Panitia Persiapkan Kemerdekaan Indonesia. Oleh karna itu, Idham Samawi mengajak seluruh insan Tamansiswa untuk golong gilig maju bersama melangkah kedepan. Tetapi Tamansiswa harus mempunyai rencana kerja yang jelas terutama menghadapi satu abad NKRI pada tahun 2045.

BERITA REKOMENDASI