KKN IT UMY Bantu Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi untuk UMKM

BANTUL, KRJOGJA.com – Optimalisasi teknologi pada UMKM melalui pemberdayaan dan program di masa pandemi dilaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kegiatan dilakukan di Dusun Krebet, Sendangsari, Pajangan, Kasihan, Bantul dan di Dusun Piring II, Murtigading, Bantul oleh Tim KKN IT UMY Kelompok 196 yang dibimbing Yordan Gunawan, dosen Fakultas Hukum UMY.

“Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan perekonomian mitra dan mitra dapat memahami dan memanfaatkan digital marketing serta proteksi HKI sebagai bagian dari sistem dan strategi bisnis. Selain itu, mitra dapat melakukan komersialisasi dengan menjalankan prosedur pendaftaran HKI yang benar dan efisien, sehingga aktifitas bisnis yang dilakukan dapat meningkatakna taraf hidup masyarakat sekaligus melindungi hak-hak ciptanya,” jelas Yordan Gunawan.

1. UMKM diajarkan untuk meningkatkan produktivitas di era pandemi dengan program kerja Pelatihan HKI dan Pelatihan Pemasaran, seperti pelatihan tentang Sosialisasi Digital Marketing yang disampaikan oleh Tim KKN IT 165 UMY dengan materi seputar dasar-dasar marketing dan bagaimana cara untuk memulai sebuah bisnis dengan pola digital marketing. Pelatihan ini berfungsi sebagai landasan yang sangat baik untuk jenis ide kreatif dan inovatif yang dibutuhkan untuk berhasil di abad ke-21.

Program ini dilaksanakan bertujun untuk memberikan informasi dasar mengenai sosial digital yang dapat di gunakan sebagai market place yang bisa di gunakan atau di pakai sebagai alternatif penjualan offline atau penjualan yang mengharuskan konsumen langsung datang ke toko, di masa pandemi ini sebagian besar UMKM beralih penjulan-nya yang dari penjualan langsung menjadi tidak langsung (penjualan melalui sosial media dan market place) sehingga pihak UMKM tetap mendapatkan pendapatan dari penjualan melalui digital marketing. Kegiatan ini dilaksanakan satu kali di minggu pertama KKN yang mana pada saat pertemuan nya pihak mitra mendapatkan materi mengenai apa itu sosial digital.

Tim KKN yang dipimpin oleh Rudi Renaldi, Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, Angkatan 2017 UMY ini menyempaikan mengenai 4 Strategi Dasar Digital Marketing yang Mudah Dilakukan Pebisnis Pemula dengan cara, antara lain:

1. Memanfaatkan Social Media Marketing Itu Wajib Hukumnya,

2. Mengefektifkan email,

3. Peneraparan Teknik SEO dan

4. Pemasangan iklan.

BERITA REKOMENDASI