KKN PPM UMY Berdayakan Remaja Masjid Sebagai Fasilitator Pembelajaran Bahasa Arab

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan kegiatan pengabdian di Masjid Temusari dan TPA Tritis Desa Lencoh Kec. Selo Kab. Boyolali. Kegiatan sendiri telah berlangsung pada , 24 Februari 2020.

Ketua Tim KKN PPM UMY, Erma Febriani mengatakan yang menjadi sasaran dalam program pengabdian ini adalah Kepala TPA Tritis, Remaja Masjid Tritis  dan Anak-anak TPA Tritis dan Temusari. “Jumlah peserta kurang lebih 60  peserta yang terdiri dari 5 fasilitator  TPA dan 55 anak-anak  TPA. Latar belakang fasilitator ada yg berprofesi sebagai pedagang, dan Ibu Rumah tangga. Sedangkan anak-anak TPA pada tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama,” papar Erma.

Menurut Erma, tujuan pengabdian UMY ini adalah meningkatkan semangat belajar Bahasa Arab  pada diri anak-anak TPA. Kegiatan ini sekaligus memberikan berbagai pengalaman dan pencerahan baru yang dapat menjadi motivasi baru dalam proses pembelajaran Bahasa Arab bagi pengelola TPA dan remaja masjid.

Pelatihan diberikan dalam bentuk penggunaan Media Bingo, Scrabble, serta memberikan software program pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Dalam Program ini, pembelajaran terfokus pada praktik Bahasa Arab secara langsung, sehingga banyak memakai metode direct method dan demontrative method.

“Anak-anak TPA dan Fasilitator Bahasa Arab  sangat antusias dan merasa puas dalam pelaksanaan pengabdian yang sesuai dengan yang diharapkan,” kata Erma.

Marli  selaku kepala TPA Tritis  berharap agar kerja sama ini dapat terjalin dengan baik dan semoga silaturahmi akademik ini bisa terus belanjut, dengan berbagai bentuk kegiatan lainnya, sehingga dapat bersinergi untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran di TPA. (*)

BERITA REKOMENDASI