KKN PPM UMY Dampingi Warga Dukuhsari Buat Pengelolaan Arsip

SLEMAN, KRJOGJA.com – Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan pendampingan kepada Dasawisma di Dukuhsari, Wonokerto, Turi Sleman. Pendampingan berupa pelatihan mengelola administrasi yang dimiliki Dasawisma.

Ketua KKN PPM Nurul Aisiyah yang juga Dosen Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam UMY mengatakan, kegiatan diikuti 20 peserta. “Tujuan dilaksanakanya program ini adalah agar masyarakat di Padukuhan Dukuhsari memiliki kesadaran akan pentingnya melakukan manajemen pengelolaan kearsipan demi menjaga data-data dasawisma tetap aman dan memberi kemudahan akses dikemudian hari untuk mencari data-data yang diperlukan,” katanya kepada KRjogja.com

Pendampingan diawali sosialisasi dilanjutkan pengumpulan  berkas-berkas seluruh warga yang dibutuhkan diantaranya: KTP, KK, Akta Lahir, dan mendata ijasah terakhir.  Pendampingan pengisian data di Buku Campursari dan di buku agenda dan berita acara. Pemberdayaan kelompok dasawisma berlangsung selama 2 bulan Januari hingga Februari 2020.

Kegiatan ini sangat baik demi menunjang tata tertib data di padukuhan melalui pemberdayaan Dasawisma Padukuhan Dukuhsari.    Adanya pemberdayaan ini mampu menyadarkan warga kelompok dasawisma untuk tertib administrasi.  Juga meningkatnya pengetahuan warga dalam pengisian buku pendamping dan buku campursari dalam administrasi Dasawisma. (*)

BERITA REKOMENDASI