KKN Tematik Universitas Alma Ata di Dusun Pringgading Edukasi Pencegahan Stunting Pada Ibu Hamil

MAHASISWA Peduli Stunting atau disebut Mahasiswa Penting merupakan bentuk pendampingan kepada keluarga berisiko stunting. Pendampingan mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pencegahan stunting di tingkat keluarga.

Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Alma Ata Kelompok 9 dengan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) Dr. Ahmad Salim., S.Ag., M.Pd di Dusun Pringgading, Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, yang melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman terkait bahaya stunting.

“Prevalensi stunting di Indonesia berdasarkan PSG (Pemantauan Status Gizi) tahun 2016 mencapai 27,5%, sedangkan menurut WHO ( World Health Organization) masalah stunting dikatakan tinggi jika prevalensi nya >20%. Sehingga para mahasiswa KKNT kelompok 9 memiliki program kerja berupa pencegahan stunting di Dusun Pringgading Desa Guwosari,” ujar Ahmad Salim.

Stunting merupakan masalah kesehatan yang masih sangat diperhatikan oleh masyarakat dan pemerintah Indonesia. Menurut Kemenkes Stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang ditandai dengan tubuh pendek, penyebab stunting bisa bersumber dari beberapa faktor yang pertama dari asupan makan ibu saat 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan), kurangnya fasilitas sanitasi seperti minimnya air bersih, jamban kurang sehat dan kurangnya kebersihan lingkungan, serta anak yang tidak diberikan ASI Eksklusif serta MP-ASI yang sehat. Dari faktor tersebut mahasiswa KKNT kelompok 9 melakukan pencegahan stunting dari ibu hamil yaitu saat masa 1000 HPK.

BERITA REKOMENDASI