KKN Tematik Universitas Alma Ata di Dusun Pringgading Edukasi Pencegahan Stunting Pada Ibu Hamil

Para mahasiswa KKNT yang terdiri dari 12 mahasiswa dari berbagai macam jurusan program studi ini melakukan pendataan ibu hamil di dusun Pringgading, kemudian dilakukan pengolahan data tentang status gizi para ibu hamil, serta melakukan edukasi secara face to face (tatap muka) melalui sistem door to door (pintu ke pintu) untuk mengurangi kerumunan di tempat umum dalam rangka pencegahan covid-19. Diberikan edukasi ini sebab masih banyak ibu hamil yang kurang mengetahui bagaimana cara pencegahan stunting sejak dini.

Edukasi yang diberikan berupa penjelasan tentang pengertian stunting, penyebab stunting, dampak yang akan timbul, dan bagaimana cara pencegahan stunting pada ibu hamil. Media yang dilakukan berupa brosur yang diberikan untuk ibu hamil serta penjelasan mengenai stunting yang dijelaskan oleh mahasiswa jurusan Gizi Universitas Alma Ata. Penilaian yang dilakukan meggunakan pre-test dan post-test yang berguna untuk bahan evaluasi. Selain itu, pencegahan stunting dilakukan juga dengan penempelan poster disetiap RT di dusun Pringgading yang ditujukan untuk semua masyarakat Pringgading.

“Harapan kami dengan dilakukannya program ini akan membantu menurunkan prevalensi stunting di Indonesia. Serta, meningkakan kesadaran masyarakat Pringgading tentang pentingnya pencegahan stunting sejak dini. Ayo cegah stunting dengan cara cukupi gizi, lengkapi ASI, dan Perbaiki Sanitasi,” pungkas para mahasiswa KKNT kelompok 9. (*)

BERITA REKOMENDASI