Mahasiswa KKN Relawan Satgas Covid-19 UAD, Promotor Perubahan Perilaku Warga Kampus

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk berkontribusi dalam pencegahan penularan Covid-19 di kampus dan sekitarnya melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Relawan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 UAD. Salah satu Tim KKN Relawan Satgas COVID-19 UAD adalah Divisi/Unit/Kelompok I.A.1 di bawah bimbingan Dosen Rokhmayanti SKM MPH yang bertugas di Kampus 2 dan 3 UAD.

“Mahasiswa menjalankan beberapa programnya, antara lain pemantauan rutin protokol kesehatan di UAD, pembuatan media edukasi seputar Covid-19 yang disebarkan melalui poster, serta pembagian hand sanitizer dan masker kepada Warga UAD dan sekitarnya,” ujar Rokhmayanti di Kampus Utama UAD Jalan Ringroad Selatan Kragilan Tamanan Banguntapan Bantul, Jumat (12/11/2021).

Rokhmayanti yang juga merupakan anggota Satgas Covid-19 UAD menuturkan, mahasiswa secara rutin melakukan pemantauan terhadap sarana dan prasarana dan dilaporkan secara rutin kepada bagian KeRumahTanggaan (KRT) apabila terdapat kekurangan atau kerusakan. Selain itu, mahasiswa juga melakukan pemantauan protokol kesehatan (prokes) terhadap pengunjung UAD Kampus 2 dan 3. “Termasuk pada kegiatan atau event besar di UAD seperti vaksinasi dan program pengenalan kampus,” ungkapnya.

Rokhmayanti menyampaikan, Tim KKN Relawan Covid-19 UAD pada unit ini juga melakukan identifikasi pada warga kampus UAD tentang vaksinasi, pemilihan tempat isolasi apabila terkena Covid19 dan juga tentang hoaks seputar Corona. “Hasil identifikasi tersebut menjadi dasar dalam membuat media edukasi di kampus,” imbuhnya.

Untuk menjadi Relawan Satgas COVID-19 UAD tidak harus berasal dari Fakultas atau Program Studi (Prodi) Kesehatan, tetapi bisa dari Non Kesehatan. Contohnya di Unit I A1 ini yang berasal dari berbagai prodi yang ada di UAD, yakni Zulkarnaen (Perbankan Syariah), Aisyah (Psikologi), Novia (Farmasi), Fara (Matematika), Ima (Hukum), Ayyas (Psikologi), Enji (Ilmu Komunikasi), Zizi (Biologi), dan Alvi (Sastra Bahasa Indonesia).

Sementara itu, Zulkarnaen menjelaskan, sebelum melakukan kegiatan mahasiswa Tim KKN Relawan Satgas Covid-19 UAD telah diberi bekal diantaranya terkait kesatgasan secara umum, khususnya tentang kesatgasan di Kampus UAD. “Mahasiswa Unit I A1 membagikan hand sanitizer dan masker gratis di sekitar UAD kampus 2 dan 3 sekaligus memberikan edukasi pencegahan Covid-19,” terangnya.

Pembagian hand sanitizer dan masker ini, lanjut Zulkarnaen, dilakukan dalam rangka pelaksaan program kerja KKN Relawan Satgas Covid-19 UAD yang didalamnya mengandung unsur edukasi kepada warga sekitar kampus. “Mulai dari penjaga warung, satpam kampus, office boy (OB) kampus dan mahasiswa UAD,” katanya.

Selanjutnya, Novia mengatakan, kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi dari staf kampus dan masyarakat di sekitar kampus UAD. “Apresiasi diberikan karena sudah mengingatkan kembali arti penting menjaga sesama Warga Kampus UAD di masa Pandemi Covid-19 melalui kepatuhan terhadap prokes di Kampus,” jelasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI