Membangun Rasa Syukur untuk Melejitkan Potensi Diri Bagi Penyandang Disabilitas

BANTUL, KRJOGJA.COM – Pemberian Motivation Card Sebagai Media untuk Menumbuhkan Motivasi bagi Penyandang Disabilitas di Dusun Mertosanan Kulon, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul dilakukan dalam Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pelaksaan kegiatan ini tepatnya dilakukan di Genengan, Potorono, Banguntapan, Bantul pada 06 Februari 2021.

“Kegiatan ini diikuti oleh perangkat pemerintahan seperti pihak Dinsos Provinsi DIY, Lurah, Pedukuhan, tokoh masyarakat, WKSBM, Penyandang disabilitas, dan care givernya yang semuanya berjumlah 60 Orang,” ujar Arsyl Elensyah Rhema Machawan dosen pendamping kegiatan ini.

Bekerja sama dengan WKSBM, kegiatan ini diharapkan menumbuhkan atau menjaga motivasi penyandang disabilitas khususnya. Serta seluruh lapisan masyarakat agar tercipta lingkungan sosial yang bersinergi saling memahami dan saling membantu, terlebih di masa sulit seperti saat ini.

Pengabdian dilakukan sebanyak 3 kali. Agenda pertama adalah kunjungan kepada para penyandang disabilitas melakukan survey (pretest) terkait kebersyukuran dan penerimaan diri. Agenda kedua adalah seminar motivasi sesuai data yang ditemukan pada pretest, kepada penyandang disabilitas, care giver, dan masyarakat di wilayah tersebut dan pembagian motivation card (kata-kata yang memberi semangat diberi bingkai). Agenda ketiga adalah postest, agar dapat dibandingkan perubahan perilaku sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada saat seminar.

“Kegiatan KKN sebaiknya bukan hanya seperti membuat plang nama, tapi seharusnya mampu berkontribusi untuk membangun nilai pada kehidupan masyarakat,” jelas Suparmin, MPSSp salah satu perwakilan dari Dinas Sosial Provinsi DIY. Kegiatan seminar bersama WKSBM ini baru pertama kali dan mendapat respons yang sangat positif.(*)

BERITA REKOMENDASI