Memperluas Jaringan dan Memperkuat Kompetensi Care Giver ala SMKN 2 Malang

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com – Membangun jejaring dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), serta dunia kerja merupakan salah satu peran penting yang dijalankan oleh seorang kepala sekolah menengah kejuruan (SMK). Pada era yang makin kompetitif saat ini, kepala sekolah dituntut untuk semakin kreatif, mencari cara-cara baru yang lebih strategis untuk menarik industri agar tidak hanya tertarik untuk melakukan kerja sama, tetapi juga memiliki rasa percaya terhadap sekolah beserta lulusannya.
Pada tahun 2021, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi memberikan apresiasi terhadap sejumlah kepala sekolah dalam ajang Anugerah CEO SMK Awards.
 Salah satu penerimanya adalah Kepala SMKN 2 Malang, Hari Mulyono yang memperoleh penghargaan dalam kategori jejaring kemitraan terbaik. Dalam hal ini, Hari telah melakukan terobosan untuk memperluas jejaring kemitraan hingga menghasilkan praktik baik (best practice) kolaborasi dengan industri.
“Beberapa strategi untuk membangun jejaring di antaranya melaksanakan benchmarking dengan DUDI, menyinkronkan kurikulum dengan kebutuhan dan budaya kerja di DUDI, membentuk kelas industri, meningkatkan kerja sama dengan DUDI dalam pengembangan teaching factory, hingga membangun jejaring berskala internasional,” tutur Hari Senin (14/2/2022)

BERITA REKOMENDASI