Mengenalkan Pemanfaatan Media Sosial untuk Pemasaran dan Edukasi Batik

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Fakultas Teknik Mesin/Teknik UMY memberikan pendampingan bagi para perlaku UMKM Batik di Guwosari Pajangan Bantul. Pendampingan yang diberikan yakni dengan mengenalkan pemanfaatan media sosial untuk pemasaran dan edukasi batik.

Dosen sekaligus ketua tim KKN-PPM, Rela Adi Himarosa, S.T., M.Eng mengatakan salah satu yang dilakukan yakni pengenalan penggunaan teknologi informasi untuk pemasaran dan edukasi tentang batik. Langkahnya yakni dengan pembuatan Linktree dan beberapa akun media sosial.

“Pembuatan linktree, agar mudah terhubung dengan no HP mitra,catalog dan akun shopee. Selain itu juga promosi di akun media sosial (instagram, whatsapp, facebook) dan menambah akses pemasaran.

Berikutnya tentang foto produk dengan jalan memperindah tampilan feedinstagram. Dengan ini bisa dijadikan sebagai media promosi, dengan tampilan beberapa foto produk yang menarik.

“Selaini tu juga pembuatan video edukasi tentang batik. Diharapkan nantinya semua orang mengetahui bagaimana cara merawat kain batik dengan benar dan dapat membedakan antara batiktulis dengan batik printing,” jelasnya.

KKN tahun ini merupakan program dari LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang bertujuan untuk memberdayakan potensi dari UMKM mikro ataupun kecil. Dalam era pandemi COVID-19 saat ini kondisi perekonimian terutama UMKM sedang mengalami ketidakstabilan.

Hal ini yang menjadikan fokus kelompok KKN UMY untuk membantu UMKM di daerah. Beberapa program kerja yang dikerjakan yaitu sosialisasi pengemmbangan media sosial serta pemasaran melalui s via online.

Kelompok KKN 188 ini melihat masalah masalah pemasaran yang terjadi pada mitra yaitu Batik Erlin dan Ingkung Rumah Dhuwur masih kurang bagus serta kami juga meningkatkan penjualan melalui dengan sistem online untuk meningkatkan omset di saat era pandemi covid-19 seperti saat ini.

Dengan penggunaan aplikasi instagram, grabfood dan gofood, pengunaan website, managemen media sosial ataupun aplikasi e-commerce yang dapat digunakan untuk pemasaran produk. Oleh karena itu, mahasiswa KKN IT kelompok 188 membantu pengusaha untuk mendapatkan pengetahuan dan akses website. (Van)

UMY

BERITA REKOMENDASI