Menumbuhkan Semangat Berwirausaha Anak-anak PAY Putra Muhammadiyah Yogya

YOGYA, KRJOGJA.com – Guna menumbuhkan semangat berwirausaha dan keberanian melakukan praktek usaha di Panti Asuhan Yatim (PAY) Putra Muhammadiyah Yogyakarta, Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar praktek usaha bagi para siswa sekolah. Kegiatan digelar di PAY Putra Muhammadiyah Yogyakarta pada tanggal 23 Januari hingga 12 Februari 2021 dan diikuti 20 hingga 40 peserta.

Kegiatan KKN-PPM UMY dilaksanakan di Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah Yogyakarta dengan tema tentang membentuk motivasi berwirausaha untuk anak anak panti. Selain itu pentingnya pembekalan bagi anak anak panti untuk penanaman jiwa wirausaha bagi anak anak yang berpendidikan SMA, dikarenakan setelah lulus SMA anak-anak akan dikembalikan kepada orang tuanya dan diharapkan sudah bisa mandiri. Kegiatan KKN PPM ini diketuai oleh Dr Ir Nur Rahmawati MP dan dibantu oleh Zuhud Rozaki SP MApp Sc PhD serta 10 mahasiswa KKN.

Bentuk Kegiatan yang yang pertama dilakukan adalah sharing dengan pengusaha muda yang sukses. Rangkaian kegiatan tentang menumbuhkan motivasi berwirausaha adalah melakukan praktek budidaya jahe merah, praktek olahan jahe merah dan pemasaran digital tentang jahe merah dan produk olahannya (ice cream jahe).

“Saya sangat bangga dengan keaktifan anak-anak panti dalam mengikuti kegiatan ini dan sangat berharap kegiatan ini benar benar dapat menumbuhkan semangat berwirausaha sebagai bekal ketika anak panti sudah harus meninggalkan panti dan kembali kepada keluarga. Selain itu saya berharap ada keberlanjutan untuk melakukan monitoring untuk tanaman jahe yang sudah dibudidayakan,” ujar salah satu pengurus Panti Asuhan Yatim Putra Muhammadiyah, Wibowo.

Semua proses kegiatan yang di mulai dari sharing dengan pengusaha muda, pelatihan budidaya jahe merah, pelatihan pembuatan ice cream jahe sampai pelatihan pemasaran digital ice cream jahe berjalan lancar. Dan respon anak panti terhadap kegiatan ini sangat tinggi, semua kegitan mereka ikuti.(*)

BERITA REKOMENDASI