National Chung Cheng University, Universitas dengan Fasiltas Asrama Terbaik di Taiwan

Editor: Ivan Aditya

TAIWAN, KRJOGJA.com – Kalau dengar nama Dong Shan Cai (Barbie Hsu) dan Dao Ming Si (Jerry Yan), pasti rata-rata generasi 90an langsung bernostalgia dengan drama Meteor Garden atau F4. Kalau versi Korea dan lebih modern-nya adalah Boys Before Flower. Tapi drama yang sangat populer di tahun 2001 merupakan drama asli dari negeri Formosa (Taiwan) dan terkenal dengan nama 流星花園 (Liúxīng Huāyuán).

Nostalgia tentang drama ini pasti membuat kita teringat beberapa adegan romantis antara Shan Cai dan Dao Ming Si dengan latar belakang tempat dan pemandangan yang cantik nan romantis. Jadi lokasi syuting mereka ternyata memang di salah satu dari 15 univesitas terbaik di Taiwan.

National Chung Cheng University yang berlokasi di kota Chiayi, Taiwan berlokasi di puncak bukit dengan pemandangan alam dan gedung yang indah. Universitas yang terkenal dengan panggilan CCU ini adalah universitas dengan fasiltas asrama terbaik untuk mahasiswa S1, S2, dan S3 dengan suasana yang nyaman dan tenang.

Suatu kebanggaan bagi Penulis dapat melanjutkan studi PhD dan riset di universitas negeri yang terbilang cukup muda (berdiri pada 1 Juli 1989), akan tetapi memiliki kemampuan riset dan publikasi jurnal yang baik. CCU termasuk memiliki research output yang baik dengan predikat “very high” berdasarkan QS World University Rankings, yang mana setara dengan universitas top dunia. CCU memiliki 7 fakultas (seni dan budaya, ilmu sosial, manajemen, hukum, pendidikan, MIPA, dan teknik).

Sekarang, saya tengah menempuh tahun 3 di Fakultas MIPA (College of Science) di bidang fisika-material. Suasana yang nyaman dan tenang untuk melakukan studi dan riset, didukung pula dengan pembimbing (advisor), para dosen, post-doc, asisten lab, dan para staf yang siap sedia untuk membantu. College of Science memiliki 5 departemen (Matematika, Fisika, Biomedis, Kimia, dan Bumi & Lingkungan) dari program studi S1 hingga S3 dengan berbagai macam tawaran bidang riset yang lebih spesifik (bisa dicek pada laman : https://science.ccu.edu.tw/eng/index.php).

Terus bagaimana kalau tidak bisa mandarin? Beberapa mata kuliah dan program ada yang berbahasa inggris. Bagi mahasiswa PhD internasional dapat bergabung dengan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) Program, yang mana kita berkesempatan tidak hanya belajar di departemen kita, tapi juga bisa di departemen lain di College of Science maupun College of Engineering. Menarik bukan?

Selain itu, di CCU kita difasilitasi dengan interdisiplin ilmu dalam melakukan riset. Seperti saya sekarang ini sedang menempuh PhD di Fisika, riset saya bekerjasama dan berkolaborasi dengan beberapa bidang ilmu seperti kimia dan bumi & Lingkungan. Dimana fokus penelitian riset saya adalah mengembangkan dan menginovasi sebuah material yang ramah lingkungan dan dapat diaplikasikan dalam penjernihan/pemurnian air dari logam-logam berat.

Untuk dana riset tidak usah khawatir, karena advisor kita bekerjasama dengan pemerintah dan beberapa lembaga riset baik di Taiwan maupun luar negeri, juga perusahan-perusahan besar. Yang tertarik dengan ASUS, Adata, Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSCM) bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan studi dan riset di sini juga.

Biaya hidup terbilang cukup aman (tergantung setiap kota di Taiwan) dan juga banyak beasiswa yang disediakan baik oleh universitas maupun pemerintah. Taiwan juga terkenal dengan tingkat pelayanan kesehatan yang baik (selama masa Covid-19) dan ramah dengan warga negara asing. Apalagi sebagai orang muslim di negera yang minoritas Islam.

Tidak perlu khawatir lagi, karena sekarang sudah banyak makanan dan minuman serta persediaan bahan pangan yang halal bersertifikasi. Di kampus saya CCU pun, para dosen dan staf sangat memahami dengan kondisi mahasiswa asing muslim. Sehingga mereka pun membantu menyediakan tempat sholat dan memastikan para mahasiswa muslim tidak memakan segala makanan dan minuman yang diharamkan.

Selain itu juga ada asosiasi/perkumpulan mahasiswa baik di tingkat universitas maupun kota atau negara. Seperti di CCU, kami memiliki PPI CCU (CCU Indonesia Association) yang pada tahun ini akan menjadi salah satu asosiasi mahasiswa yang resmi di CCU di bawah bimbingan Prof. Chien-Yen Chen selaku dekan College of Science dan aktif dalam penelitian dan riset di bidang lingkungan, anti bakerial, agrikultural, dan e-DNA.

Untuk para teman muslim, juga ada perkumpulan CCU Muslim Association bersama dengan teman-teman internasional dari Pakistan, Bangladesh, India, Turkey, Iran, dll. Saat ini di College of Science terdapat 1 mahasiswi muslim (penulis) dan 2 mahasiswa muslim dari Pakistan (Bashir Hussain dan Adil Khan).

Jadi, bagi teman-teman yang tertarik baik melanjutkan studi/penelitian ke Taiwan, silakan bisa mengunjungi website https://www.ccu.edu.tw/ (ada pilihan bahasa mandarin dan inggris) atau di Facebook page (https://www.facebook.com/ppi.ccu) atau Instagram @ppi.ccu. (Anggraeni Kumala Dewi /Lala). (*)

BERITA REKOMENDASI