Nizam: Pendidik Nomor Satu Adalah Ibu

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pendidik nomor satu adalah ibu. “Peran Ibu menjadi sangat penting untuk anak. Tokoh Ki Hadjar Dewantoro mengatakan pendidikan itu bermula dari keluarga dan ada di ibu,” jelas pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Prof Nizam, dalam sambutan dalam rangka memperingati Hari Ibu, Perempuan Berdaya Indonesia Maju oleh Ditjen Diktiristek di Kemdikbudristek Jakarta, Kamis (23/12/2021).

Jika tokoh Pendidikan Ki Hadjar Dewantara berpesan ada 3 sentra pendidikan yakni keluarga, sekolah, dan masyarakat. Masyarakat sering lupa kalau pendidikan nomor satu ada di keluarga dan pendidik nomor satu adalah ibu.

“Peran keluarga dan peran perempuan jadi penting. Kartini berpesan dalam tangan anak tergenggam masa depan dan dalam tangan ibulah tergengam anak yang merupakan masa depan itu. Sangat penting kita menguatkan peran ibu untuk memastikan generasi unggul. Saat ini sebenarnya di Indonesia sudah sangat jauh dari negara-negara lain,” kata Nizam.

Nizam juga mengingatkan saat ini teknologi menjadi PR bersama bagi orang tua dan anak. Hal ini dikarenakan orang tua harus mendampingi anak dalam mengakses informasi.

“Dunia sedang berubah. Interaksi manusia, antara yang daring dan luring menyatu. Dalam kondisi seperti itu tentu penting bagi kita yang mungkin bukan lahir dari generasi digital untuk mendampingi anak yang lahir di dunia digital. Ini termasuk pendidikan,” jelas Nizam.

BERITA REKOMENDASI