Optimalisasi Desa Siaga Bencana dengan Budaya K3 dan Penguatan Bidang Kesehatan di Desa Wisata Kulonprogo

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Sekolah Vokasi UGM memberikan hibah pengabdian kepada masyarakat pada salah desa wisata di Kabupaten Kulonprogo yaitu Desa Sidoharjo Kecamatan Samigaluh. Program pengabdian kepada masyarakat di Desa Sidoharjo ini telah berjalan selama 3 tahun.

Sebagai bentuk optimalisasi desa siaga bencana dengan budaya K3 dan penguatan bidang kesehatan di Desa Wisata Kabupaten Kulonprogo, pada tahun ketiga ini terdapat empat program utama Dosen Departemen Layanan dan Informasi Kesehatan SV UGM. Program tersebut diantaranya adalah sosialisasi pentingnya mitigasi bencana dalam menumbuhkan budaya masyarakat siaga bencana, sosialisasi pentingnya K3 pada masyarakat desa, upaya peningkatan pengetahuan kader kesehatan dalam pencegahan TBC dan Covid-19, upaya pencegahan dan pengendalian stunting melaui edukasi kader kesehatan.

Salah satu upaya menguatkan masyarakat Desa Sidoharjo selama pandemi Covid-19 ini, peran dosen dalam melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi adalah dengan melaksanakan edukasi tentang penguatan bidang kesehatan dan membentuk desa siaga dari bencana melalui penerapan budaya K3 di masyarakat desa.

Tim pengabdian kepada masyarakat SV UGM yang digagas oleh Dian Herawati, S.T., S.ST, MPH., Nia Fararid Askar, S.ST., M.Keb., M.Syairaji, SKM., MPH., Marko Ferdian Salim., SKM., MPH. menjelaskan prevalensi stunting pada balita dan jumlah kasus TBC di Desa Sidoharjo masih cukup tinggi. Selain itu, wilayah Desa Sidoharjo yang terletak di dataran tinggi dan perbukitan mempunyai risiko terhadap berbagai bencana alam dan rentan terjadinya kecelakan kerja serta penyakit akibat kerja.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui edukasi diharapkan dapat menjawab permasalahan tentang kurangnya pemahaman masyarakat di Desa Sidoharjo,” kata Marko Ferdian Salim.

Sementara itu Sekretaris Desa Sidoharjo, Istanto merasa bersyukur dan berterimakasih dengan adanya Tim Pengabdian dari Departemen Layanan dan Infomasi Kesehatan SV UGM yang telah selama tiga tahun berturut-turut melaksanakan program-programnya di Sidoarjo. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini, pemahaman masyarakat terkait kesehatan semakin baik.

“Terlebih program baru yang ditawarkan yaitu pentingnya K3 di masyarakat desa dan optimalisasi desa siaga bencana semakin melengkapi kebutuhan di Desa Sidoharjo ini. Harapan kedepan Desa Sidoharjo menjadi desa percontohan desa tangguh bencana melalui penerapan budaya K3 dan tidak ada lagi kasus TBC serta stunting pada balita di desa kami,” jelasnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di Balai Desa Sidoharjo pada tanggal 16 Oktober 2021. Pelaksanaan dilakukan secara luring dengan jumlah peserta dan waktu yang dibatasi serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Peserta pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari kader kesehatan dari setiap padukuhan dan aparatur kalurahan. Selain memberikan edukasi, tim memberikan buku saku sebagai media informasi pada setiap program edukasi yang diberikan.

Pada sesi akhir, tim pengabdian memberikan logistik untuk penanganan Covid-19 di desa seperti baju hasmat, masker, desinfektan, alat cuci tangan, hand sanitizer dan paket sembako. (*)

BERITA REKOMENDASI