Pandemi Tak Surutkan MTsN 9 Bantul Cetak Siswa Berprestasi

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Walau ditengah pandemi Covid-19, MTsN 9 berhasil meluluskan seluruh siswanya ke jenjang sekolah lanjutan, Senin (14/06/2021). Sebanyak 118 murid kelas IX diwisuda, bahkan 9 diantaranya lulus dengan predikat berprestasi. Kendati dalam situasi aktivitas serba terbatas seperti saat ini, prosesi wisuda tetap berjalan khidmat meski secara drive thru.

Cara ini dipilih untuk mencegah terjadinya kerumunan, terlebih lagi Kapanewon Banguntapan saat ini masih berstatus zona merah. Kegiatan wisuda drive thru ini juga telah mengantongi izin baik dari Satgas Covid-19 tingkat kapanewon, Panewu maupun Lurah.

“Walau pandemi Covid-19, namun MTsN 9 Bantul tetap mampu berprestasi. Pendidikan tetap harus berjalan dan kami di sini membuktikan bahwa Covid-19 tak mengahalangi untuk berprestasi,” tegas Kepala MTsN 9 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati SAg MM disela wisuda.

Ia mengatakan wisuda drive thru ini sudah kali kedua dilaksanakan MTsN 9 Bantul. Bedanya tahun ini wisuda disiapkan dengan sangat matang, tak seperti saat awal pandemi dulu dimana kehidupan dunia pendidikan belum teradaptasi dengan baik.

Demikian pula dengan kesiapan dalam menyambut datangnya tahun ajaran baru 2021/2022. MTsN 9 Bantul telah menyiapkan seluruhnya mulai dari sarana maupun prasarana hingga kepada para guru pengajar.

“Sudah kita persiapkan, termasuk metode dengan guru. Sarana dan prasarananya juga telah siap, dengan selalu menerapkan prokes (protokol kesehatan) ketat. Sementara belum ada izin untuk tatap muka, kami akan melakukan pendampinan dengan membuat jadi kelompok dimana dalam satu minggu maksimal masuk dua kali,” ungkapnya.

Nur Hasanah Rahmawati menambahkan wisuda tahun ini sangat istimewa lantaran siswanya berhasil meraih rata-rata nilai Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) tertinggi se MTsN di Bantul. Selain itu sebanyak 17 siswa berhasil diterima di sekolah lanjutan melalui jalur prestasi sehingga tidak perlu melajukan tes.

“Harapannya anak-anak dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, mampu membawa nama baik MTsN 9 Bantul dengan karakternya yang religius. Ini bukti keberhasilan MTsN 9 Bantul mendidik siswa selain pandai secara akademik juga pandai secara akhlak,” pungkasnya.

Dalam prosesi ini diwisuda pula 9 siswa berprestasi yakni 3 siswa dengan nilai tertinggi ASPD, 3 siswa nilai tertinggi Madrasah dan 3 siswa nilai tertinggi Tahfidz. Sembilan siswa ini mendapat kehormatan dengan diwisuda langsung Kepala Kemenag DIY Drs H Edhi Gunawan MPdI dan Kepala Kantor Kemenag Bantul Aidi Nohansyah SAg MM. (Van)

BERITA REKOMENDASI