Pelatihan Pembelajaran Daring untuk Guru

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 saat ini menimbulkan problematika tersendiri bagi dunia pendidikan. Proses pembelajaran yang dilakukan akan sangat berdampak pada kemampuan peserta didik. Pada Era Revolusi Industri 4.0, melalui proses pembelajaran peserta didik dituntut memiliki berbagai kemampuan diantaranya adalah kemampuan 4C (Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, Comunication).

Banyak guru yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan tersebut karena belum terbiasa dengan penerapan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Terlebih dengan suasana pembelajaran daring, hal ini menjadikan fokus pembelajaran lebih kepada pemberian materi dan pemberian tugas.

Dilaksanakan secara daring, Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta latih 20 guru IPA SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Gunung Kidul tentang model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain).

Model POE telah banyak diuji dan efektif untuk meningkatkan kemampuan 4C peserta didik. Model pembelajaran tersebut dapat diterapkan untuk pembelajaran luring maupun daring.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 23-24 Juni 2021. Selain belajar mengenai model pembelajaran POE, peserta juga belajar untuk memanfaatkan aplikasi quizizz dan edmodo untuk pembelajaran.

Quizizz digunakan sebagai aplikasi untuk membantu proses evaluasi pembelajaran dengan tampilan yang menarik dan menyenangkan.

Sedangkan Edmodo, merupakan platform LMS yang tampilannya mengadopsi facebook sehingga memudahkan interaksi antara pendidik dan peserta didik juga antar peserta didik.

Kegiatan yang merupakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) sebagai bentuk Tridharma Perguruan Tinggi UAD tersebut, menggandeng mitra SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari.

Selama proses pelatihan peserta sangat antusias dan terlibat secara langsung untuk membuat project berupa sintak pembelajaran POE, kuis menggunakan quizizz dan mengembangkan kelas di Edmodo.

Pelatihan akan berlanjut tanggal 14 Juli 2021 dengan materi Praktikum jarak jauh dengan menggunakan R-Phylab, sebuah inovasi teknologi pembelajaran fisika dari Drs.Ishafit, M.Si dosen Pendidikan Fisika UAD.

Ariati Dina Puspitasari, S.Si., M.Pd selaku ketua Tim PPM UAD ini berharap dengan dilaksanakan pelatihan tersebut guru tetap dapat melakukan inovasi pembelajaran walaupun pembelajaran dilaksanakan secara daring.

“Penerapan model pembelajaran POE secara daring tetap dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan berbagai aplikasi dan teknologi informasi yang ada. Bahkan dengan menggunakan media sosial, guru tetap dapat menerapkan model pembelajaran. Hal ini demi meningkatkan berbagai kemampuan yang dibutuhkan peserta didik untuk memiliki daya saing di Era Revolusi Industri 4.0,” jelas Ariati, di Laboratorium Fisika Sekolah, Kampus IV UAD. (*)

BERITA REKOMENDASI