Pelatihan Peningkatan Produk UMKM Bergizi, Aman dan Halal

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kondisi Covid-19 yang belum juga membaik, membuat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merasakan dampak adanya penurunan pendapatan. Banyak pelaku usaha yang mengalami adanya penurunan omset sejak adanya Covid-19 yang muncul sejak Desember 2019. UMKM harus bekerja keras untuk meningkatkan produknya agar kembali stabil seperti sebelum Covid-19.

Hal ini sejalan dengan kegiatan Tim Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) yang dilakukan oleh Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Tim Pengabdian kepada Masyarakat yang diketuai oleh Rachmawati Widyaningrum, S.Gz., M.P.H bersama tim anggota Dr. Dyah Suryani, S.Si., M.Kes., dan Cita Eri Ayuningtyas., S.Gz., M.P.H mengusung tema Produk UMKM Bergizi, Aman dan Halal sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas produk UMKM.

Salah satu kegiatan yang diusung antara lain pelatihan untuk menghasilkan produk pangan yang tidak hanya berkualitas dalam hal gizi saja, namun juga dari segi keamanan pangan dan kehalalan pangannya. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan media zoom dan diikuti oleh pelaku UMKM di wilayah Kapanewon Tirtonirmolo Kasihan Bantul.

Tujuan pelatihan ini antara lain adalah upaya meningkatkan pendapatan pelaku UMKM sebagai upaya peningkatan kualitas produk. Pelatihan yang berlangsung selama tiga jam ini dilaksanakan pada hari Ahad, 20 Juni 2021. Pelatihan dilaksanakan secara daring untuk menghindari adanya penularan Covid-19 yang saat ini angkanya kembali melonjak.

Saat diwawancarai, Ketua Pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat mengatakan, sebenarnya kegiatan ini sudah direncanakan sejak awal Mei 2021 untuk dilaksanakan secara luring dengan protokol kesehatan yan ketat, namun mendekati hari pelaksanaan angka Covid kembali melonjak sehingga diputuskan diadakan secara daring.

“Selama pelatihan berlangsung, peserta diberikan materi dan juga soal evaluasi pretest dan posttes untuk mengukur tingkat pemahaman peserta selama pelatihan,” ujar Rachmawati.

Selama pelatihan, ada tiga sesi materi yang diberikan untuk peserta, sesi pertama yaitu produk UMKM yang bergizi berikut beserta pengolahan dan juga kreasi bahan baku yang dapat dilakukan di mana materi ini diberikan oleh Cita Eri Ayuningtyas., S.Gz., M.P.H sebagai dosen dari prodi Bisnis Jasa Makanan UAD.

Kemudian sesi kedua, materi disampaikan oleh Dr. Dyah Suryani., S.Si., M.Kes sebagai pakar di bidang keamanan pangan. Materi yang diberikan adalah keamanan pangan produk UMKM. Sesi terakhir adalah kehalalan produk UMKM dan peserta diberikan materi alur sertifikasi kehalalan diberikan oleh Ketua Pelaksana yaitu Rachmawati Widyaningrum, S.Gz., M.P.H. Pemaparan materi kedua dan ketiga disampaikan oleh Dosen Prodi Gizi di UAD.

Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk UMKM di Kapanewon Tirtonirmolo dalam rangka peningkatan pendapatan di tengah Pandemi Covid-19. “Langkah selanjutnya setelah adanya pelatihan yang pertama ini akan disambung dengan pelatihan yang kedua yang akan lebih mendalam terkait dengan pengemasan dan juga pengolahan limbah dari UMKM,” kata anggota tim pelaksana Dr. Dyah Suryani., S.Si., M.Kes. (*)

BERITA REKOMENDASI