Pemberdayaan Posyandu Lansia ‘Kusuma’ di Masa Pandemi Covid-19

SLEMAN, KRJOGJA.com – Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil meningkatkan kesejahteraan lansia, baik fisik maupun psikologis, melalui kegiatan posyandu lanjut usia yang mandiri dalam masyarakat. Kegiatan dilaksanakan di posyandu lansia Kusuma, Kaliabu, Banyuraden, Gamping, Sleman, pada Rabu (10/2/2021).

“Dengan adanya kegiatan ini masyarakat merasa senang, karena KKN IT UMY 235 yang ikut membantu dalam melaksanakan kegiatan posyandu lansia di dusun Kaliabu, Banyuraden, Gamping ini. Pengabdian kepada masyarakat bersama dengan kelompok KKN IT 235 telah berhasil membantu posyandu lansia kusuma meningkatkan kesejahteraan lansia, baik fisik maupun psikologis,” ujar  Prof Dr Sukamta ST MT IPM, dosen UMY yang mendampingi kegiatan ini.

Kegiatan posyandu dimulai jam 2 siang dan diawali dengan mendata lansia yang hadir setelah itu lansia dipanggil sesuai urutan kehadiran dan diukur tinggi badan, berat badan, lingkar badan dan tensi lalu data dicatat. Kegiatan posyandu ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan mulai dari cuci tangan dan menggunakan masker serta jaga jarak. Tim Pengabdian yang sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan bersama dengan Kelompok KKN IT 235 memberikan bingkisan gizi untuk lansia dan timbangan serta alat pengecek gula darah, kolesterol, dan asam urat.(*)

BERITA REKOMENDASI