Pencegahan Covid-19 pada Anak, Edukasi dengan Lagu dan Buku Permainan Mazzle

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Dua tim yang menjadi Juara Favorit dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD), yakni Tim Fakultas Kedokteran (FK) serta Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST) dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-34 di Universitas Sumatera Utara (USU), 25-29 Oktober lalu.

“Tim ini jadi Juara Favorit, teliti pencegahan Covid-19 pada anak dan tanaman krokot. Bahkan pencegahan Covid-19 pada anak edukasinya dengan lagu dan buku permainan Mazzle,” kata Choirul Fajri SIKom MA, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD di kampus 4, Ringroad Selatan Bantul, Jumat (05/11/2021).

Didampingi Aulia Husnia (Ketua Program Kreativitas Mahasiswa/PKM UAD), Danang Sukantar MPd (Kabid Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa – Biro Kemahasiswaan dan Alumni/Bimawa, Choirul Fajri mengatakan, dari Fakultas Kedokteran menampilkan karya ilmiah berjudul ‘Peningkatan Pengetahuan dan Kesadaran dalam Pencegahan Covid-19 pada Anak dengan Buku Permainan’.

Tim ini diketuai Faiyana NA, beranggotakan Intan DP, Thalia DP, Safira RDP, Yuni TWN (prodi PGSD – UAD) dengan dosen pembimbing dr Dewi Yuningsih MSc. Dari FAST mengangkat karya ilmiah ‘Potensi Senyawa Flavonoid Tanaman Krokot (Portulaca Oleracea) sebagai Terapi Hipoksia secara Vivo’. Tim ini dibimbing Rita Maliz SSi MSi PhD dengan ketua tim Febriofca Galih, beranggotakan Nabilah Adzra Pahlevi dan Benta Lenggar.

Faiyana NA selaku Ketua Tim FK mengatakan, karya ilmiah tentang pencegahan Covid-19 pada anak-anak di angkat dari realitas sekeliling di kampung. “Banyak anak-anak saat bermain tidak mengenakan masker,” ujarnya.

Kalau dibuat buku permainan Mazzle untuk memudahkan edukasi dan sosialisasi. Bahkan dibuat lagu berjudul ‘Cegah Virus Corona’. Danang Sukantar menyebutkan, buku permainan Mazzle dan lagu tersebut untuk edukasi dan sosialisasi cegah virus Corona berisi 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. “Dengan buku permainan dan lagu sosialisasi dan edukasi pada anak mudah dicerna,” tambah Faiyana NA. (Jay)

UAD

BERITA REKOMENDASI