Penerapan Sistem Klik@Akreditasi Klinik untuk Mendukung Akreditasi Klinik

YOGYA, KRJOGJA.com – Upaya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendukung kesiapan Klinik Muhammadiyah – Aisyiyah menuju klinik terakreditasi dilakukan. Salah satunya dengan menggelar webinar yang diikuti perwakilan 61 klinik Muhammadiyah-‘Aisyiyah dari seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari total 7 kegiatan dengan tema “Peningkatan Mutu Klinik Secara Berkelanjutan, Menuju Klinik Terakreditasi” yang diselenggarakan sejak tanggal 7 Februari sampai dengan 19 Maret 2021, pukul 15.30-17.30 WIB via zoom meeting. Webinar nasional pada tanggal 19 Maret dihadiri oleh 136 peserta, perwakilan dari 61 klinik (klinik rawat inap dan rawat jalan) Muhammadiyah-‘Aisyiyah dari 9 Provinsi yang tersebar di Indonesia,” ujar Dr dr Arlina Dewi MKes AAK.

Sebagian besar klinik yang ada saat ini ternyata belum mentargetkan untuk melakukan akreditasi. Hal ini karena adanya hambatan dalam tata kelola dan persiapan klinik.

“Materi webinar dipaparkan langsung oleh saya sendiri dan drg Raden Tryarso sebagai koordinator PPI Klinik Pratama 24 Jam Firdaus, Yogyakarta. Topik utama dalam webinar ini adalah Monitoring dan Evaluasi Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) di Klinik dan Kerangkan Acuan Kegiatan (KAK) PPI di Klinik Pratama 24 Jam Firdaus,” imbuh dr Arlina.(*)

BERITA REKOMENDASI