Pengabdian Masyarakat UMY Dorong Kader Muda Muhammadiyah Peduli Dagusibu

BANTUL, KRJOGJ.com – Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah diadakan dalam bentuk pelatihan Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang (Dagusibu) selama bulan Maret-Juli 2020. Kegiatan tersebut ditujukan kepada Kader Muda Kesehatan Muhammadiyah se-PDM Sleman.

Kegiatan pelatihan kader dilakukan pada tanggal 15 Maret 2020 ketika masa pembatasan social dinstancing pandemi covid 19 belum diterapkan. Acara diikuti oleh 16 peserta yang berasal dari perwakilan pengurus cabang Muhammadiyah se-Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegitan dilaksanakan di Aula Masjid Darussalam, Ngentak, Argorejo, Sedayu, Bantul.

“Pemahaman Dagusibu diperlukan oleh masyarakat untuk mengelola obat secara mandiri agar tujuan pengobatan bisa tercapai dengan baik. Program pelatihan kader kesehatan agar paham Dagusibu sangat efektif untuk mensukseskan program pemerintah GERMAS, gerakan masyarakat sehat,” kata Ketua Pengabdian Sabtanti Harimurti MSc PhD dalam siaran pers yang diterima KRjogja.com.

Pelatihan tentang Dagusibu adalah bagian dari program pelatihan yang dikoordinasikan oleh LazizMu Pimpinan Muhammadiyah Sedayu untuk Kader Kesehatan Muhammadiyah daerah Kabupaten Sleman agar bisa merawat masyarakat dengan baik dan benar.

Selama kegiatan pelatihan sehari berlangsung, mahasiswa dan tenaga kependidikan Program Studi Farmasi turut serta memeriahkan dan melancarkan acara. Selingan “Tik Tok” menambah meriah acara semetara pre-test dan post-test dilakanakan untuk mengevaluasi keberhasilan pelatihan.

BERITA REKOMENDASI