Bantu Pembelajaran Daring Siswa, UMY Bangun Instalasi Internet di Dusun Sorolaten Sidokerto

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRjogja.com – Pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda memaksa pembelajaran di semua jenjang pendidikan dilaksanakan secara daring. Meski sudah mendapatkan bantuan paket data dari pemerintah, sebagian anggota masyarakat masih mengalami kesulitan akses internet dikarenakan lemahnya sinyal internet di lokasi tempat tinggal.

Permasalahan ini dialami oleh para pemuda dan remaja, khususnya para siswa sekolah, yang tergabung dalam Forum Remaja Masjid Al Hidayah (FORMADA) di Dusun Sorolaten, Sidokarto, Godean, Sleman.

Terkait permasalahan tersebut, program pengabdian masyarakat UMY di Dusun Sorolaten, Sidokarto, Godean, Sleman mengaplikasikan teknologi infrastruktur jaringan area luas pada 3 Mei 2021. Teknologi ini terhubung dengan jaringan fiber optik Indihome sehingga siswa dapat mengakses internet untuk pembelajaran dari rumah masing-masing dengan lebih cepat, stabil dan murah, serta literasi dusun ramah internet. Program ini bertujuan untuk membangun insfrastruktur teknologi informasi dalam mendukung pembelajaran di rumah  yang dilaksanakan melalui observasi dan perencanaan dan pembangunan infrastruktur.

Perencanaan dimulai dengan observasi lebih rinci tentang siapa saja siswa anggota FORMADA yang prioritas memerlukan akses internet, lokasi rumah, berapa kebutuhan perangkat, dan bagaimana disain infrastruktur yang dibutuhkan. Observasi dilakukan melalui wawancara dengan Pengurus FORMADA dan survei lokasi. Hasil dari observasi adalah siswa yang teridentifikasi memiliki permasalahan jaringan internet pada pembelajaran daring adalah merupakan anggota lima keluarga yang tinggal berdekatan di RT 3/15 Sorolaten, Sidokarto.

“Sebelum adanya program ini, kesemuanya menggunakan data internet dari handphone untuk melakukan pembelajaran daring. Sebagian besar anak adalah siswa SD dan SMP, sedangkan sebagian kecil sudah bekerja. Di sekitar lokasi rumah telah terdapat jaringan fiber optik PT Telkom sehingga memungkinkan penyambungan baru layanan internet Indihome,” ujar Slamet Riyadi, Ph.D selaku ketua pelaksana program pengabdian masyarakat UMY di Sorolaten Sidokerto.

Ditemui saat pemasangan infrastruktur, Aditya Pratama Istawar, Ketua Formada berharap semoga setelah pemasangan instalasi internet di desanya. Para siswa dapat mengakses ilmu pengetahuan yang lebih luas sehingga dapat bermanfaat untuk mengembangkan desa ke arah digital. (*)

 

BERITA REKOMENDASI