Berdayakan Komunitas Peduli Bencana Merapi UMMC Sleman Yogyakarta

YOGYA, KRJOGJA.com – Umbulharjo Monitoring Merapi Community (UMMC) merupakan komunitas yang berfungsi sebagai pemberi informasi, memonitor langsung kondisi terkini Gunung Merapi dan membantu melakukan evakuasi bersama Tim Sar hingga penyaluran bantuan bencana kepada para pengungsi.

UMMC Umbulharjo memiliki peran vital dalam komunikasi bencana. Meskipun demikian UMMC masih memiliki keterbatasan akan kesadaran bersama untuk pentingnya komunikasi dalam menghadapi bencana dan keterbatasan peralatan yang mendukung untuk dilakukannya evakuasi saat terjadinya bencana,

Menindaklanuti hal tersebut, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengambil peran untuk memberdayakan masyarakat melalui program pemberdayaan kepada masyarakat (PKM). Pada hari Jumat, 30 April 2021, Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai oleh Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos., M.Si, dan beranggotakan Dr. Iswanto, S.T., M.Eng ini memberikan pelatihan pentingnya komunikasi bencana berbasis komunitas pada pengurus UMMC serta memberikan hibah Alat Pelindung Diri (APD) berupa Sepatu safety, helm, headlamp, dan sarung tangan sebagaimana menjadi kebutuhan komunitas kepada komunitas peduli bencana UMMC agar mendukung pelaksanaan tugas pada saat terjadinya bencana Gunung Merapi.

“Program pengabdian ini merupakan kontribusi nyata UMY membantu masyarakat sehingga mampu berdaya dan mengatasi masalah pada saat menghadapi pra, saat, dan pasca terjadinya bencana Erupsi Gunung Merapi. Kami turut melakukan pelatihan untuk memberikan kesadaran kepada komunitas akan pentingnya komunikasi bencana berbasis komunitas,” jelas Adhianty.selaku dosen Ilmu Komunikasi sekaligus Ketua Pelaksana program PKM ini.

BERITA REKOMENDASI