Dosen Teknik Mesin Tingkatkan Kinerja LP3M UMY dalam Pengelolaan Administrasi Pengabdian Masyarakat

BANTUL, KRJOGJA.com – Salah satu dosen prodi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta membantu peningkatan kinerja LP3M UMY melalui pembuatan aplikasi untuk mempermudah layanan administrasi pengabdian masyarakat. Pembuatan aplikasi tersebut merupakan bagian dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMY.

Ketua pengabdian  yang juga Dosen Teknik Mesin UMY, Wahyudi mengatakan dengan adanya aplikasi yang dibuat maka mempermudah layanan administrasi pengabdian masyarakat. Kegiatan ini sendiri berlangsung dari November 2019 – Oktober 2020.

Adapun pelaksanaan program diawali dengan koordinasi dengan Kepala LP3M UMY dan Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat. Pertemuan dengan mitra telah dilaksanakan sebagai bagian awal kegiatan ini. Diskusi dengan mitra menghasilkan rencana kegiatan dan masukan-masukan.

Selanjutnya diskusi analisis kebutuhan untuk pengembangan aplikasi. Proses pengumpulan kebutuhan dilakukan secara intensif untuk mengetahui kebutuhan aplikasi agar dapat sesuai dengan kebutuhan pengguna.  Untuk kepentingan ini, secara rutin dilaksanakan pertemuan dengan mitra untuk membahas analisa kebutuhan sistem ini.

Langkah selanjutnya adalah pengembanganan sistem informasi penelitian ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MS SQL. Dari proses ini telah dapat diselesaikan aplikasi untuk pengelolaan administrasi pengabdian masyarakat, dimulai dari persiapan skema, pengajuan proposal , review proposal sampai ke penyampaian laporan akhir.

“Melalui program ini maka akan mempermudah dosen dalam mengusulkan proposal PKM, mempermudah dosen dalam proses pembuatan SPTB (surat pernyataan tanggungjawab belanja) dan penyampaian laporan PKM, mempermudah pengelola PKM dalam proses administrasi pengajuan dan pelaporan PKM serta mempermudah penggunaan dan penyimpanan data PKM.

Menurut Wahyudi, pengembangan aplikasi simlitabmas telah dilakukan dengan melibatkan Divisi Pengabdian Masyarakat LP3M UMY dalam perancangan dan implementasinya. Aplikasi dapat diakses melalui https://simlitabmas.umy.ac.id. Fitur aplikasi lengkap mulai dari pengajuan proposal, proses review sampai pengumpulan laporan.

Aplikasi ini terintegrasi dengan database di UMY lainnya. Luaran kegiatan ini adalah terbangunnya suatu sistem informasi pengelolaan administrasi pengabdian masyarakat. Dampak yang dirasakan oleh dosen adalah lebih mudah dan cepatnya layanan administrasi pengabdian di UMY. Sedangkan dampaknya bagi LP3M UMY adalah lebih mudahnya pengelolaan administrasi dan data pengabdian dosen. (*)

BERITA REKOMENDASI