Dukung Salakan Ramah Lingkungan, UMY dan DLH Bantul Gelar Pelatihan Digital Marketing

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – LP3M UMY dan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bantul berkolaborasi melakukan kerjasama Pengabdian Kepada Masyarakat dengan program Kampung Ramah Lingkungan. Salah satu aktivitas yang mendukung Kampung Ramah Lingkungan yakni adanya gerakan ekonomi kreatif, dimana hal ini lekat kaitannya dengan pemasaran produk. LP3M UMY dan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bantul menyadari poin pemasaran produk yang perlu akan sentuhan digital. Sehingga pada hari Rabu, 24 Februari 2021 LP3M UMY dan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bantul melakukan pelatihan Digital Marketing dan Pengelolaan Website kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Salakan Bersemi.

LP3M UMY memberikan pelatihan terkait digital marketing dengan harapan mampu mendorong masyarakat Salakan, khususnya Bank Sampah KSM Bersemi untuk semakin maju dan berkembang dengan memasarkan bibit tanaman dan hasil pengelolaan bank sampah kepada masyarakat luas dengan dukungan digitalisasi.
Takaful Pambudi selaku pembicara pelatihan Digital Marketing menyampaikan bahwa KSM Salakan Bersemi harus mengambil kesempatan agar meningkatkan potensi masyarakat dengan menciptakan pasar. Tidak hanya menyampaikan materi, TIM LP3M UMY turut melakukan kegiatan praktek pembuatan konten digital untuk media sosial Facebook, Instagram, dan Website KSM Salakan Bersemi.
“Kami sangat senang sekali Tim LP3M UMY menghadirkan pembicara anak muda yang memiliki spirit untuk berbagi dan mengajarkan kami agar memahami bagaimana mengelola akun akun digital serta membuat kami termotivasi untuk membagikan cerita kegiatan KSM Salakan Bersemi secara digital. Semoga ini nanti akan mendukung untuk pemasaran produk KSM Salakan Bersemi yang semakin luas,” jelas Jumali selaku Ketua Pengurus KSM Salakan Bersemi.

Kegiatan pelatihan digital marketing ini turut dihadiri oleh Dr. Ir. Gatot Supangkat selaku Kepala LP3M UMY, Dr. Dyah Mutiarin selaku ketua pelaksana pengabdian program Salakan Ramah Lingkungan, Dr. Adhianty Nurjanah selaku Kepala Divisi Pengabdian dan Layanan Masyarakat, Dr. Heri Zulfiar selaku Kepala Divisi Inovasi dan Produk Unggulan LP3M, Staff Dinas Lingkungan Hidup DLH Bantul, dan Bapak Prawata (Lurah Potorono, Banguntapan, Bantul).

“Atas nama pemerintah desa kami berterimakasih atas kegiatan yang dilaksanakan serta kepercayaan LP3M UMY dan DLH Bantul memilih Salakan, Potorono untuk menjadi Kampung Ramah Lingkungan. Terlebih saya berharap ini akan menjadi solusi untuk penanganan sampah di Dusun Salakan dan maju untuk menjadi Kampung Ramah Lingkungan,” jelas Prawata selaku Lurah Potorono, Banguntapan, Bantul.

Pelatihan disampaikan secara dua arah dimana peserta pelatihan digital marketing aktif bertanya dan langsung mempraktekan pembuatan konten untuk pemasaran secara digital. Peserta mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan sangat antusias dan menerima sangat baik untuk mendapatkan ilmu yang akan bermanfaat dalam memajukan Kampung Salakan Ramah Lingkungan.

BERITA REKOMENDASI