Fakultas Hukum UMY Bekali Kemampuan RS Tangani Sengketa Medik

Editor: Agus Sigit

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Fakultas Hukum UMY menggelar program Peningkatan Kemampuan Pengelola RS Aisyiah Muntilan dalam Menangani Sengketa Medik di Rumah Sakit Aisyiyah Muntilan, Kabupaten Magelang. Kegiatan diikuti pengelola rumah sakit dengan tujuan memberikan pemahaman pengelola rumah sakit tentang sengketa medik dan cara menanganinya.

“Peningkatan pemahaman tentang sengketa medik dan cara menanganinya diwujudkan melalui kegiatan penyuluhan. Penyuluhan diikuti oleh jajaran pimpinan RS Aisyiyah dan staf yang ditunjuk. Ada tiga materi yang disampaikan secara bertahap dalam tiga sesi pertemuan, yang masing-masing dilaksanakan berturut-turut pada hari Selasa tanggal 13 April 2021, hari Kamis tanggal 22 April 2021 dan hari Selasa tanggal 27 April 2021,” kata ketua Program Kemitraan Masyarakat (PKM) sekaligus dosen fakultas hukum UMY, Muh. Endriyo Susila, SH, MCL, PhD.

Ditambahkan seluruh rangkaian kegiatan pelatihan dilaksanakan di rumah meeting RS ‘Aisyiyah Muntilan. Mengingat pentingnya materi yang dipresentasikan dalam setiap sesi pelatihan, tim menyiapkan booklet yang berisi materi pelatihan dilengkapi dengan peraturan perundang-undangan terkait.

“Pengelola RS Aisyiah memandang bahwa kegiatan diadakan sangat berguna sebagai bekal untuk menghadapi resiko gugatan/tuntutan hukum terhadap rumah sakit terkait sengketa medik. Mengingat pentingnya pemahaman mengenai sengketa medik dan cara penangannya bagi pengelola rumah sakit, kegiatan serupa perlu diadakan di rumah sakit-rumah sakit lainnya, khususnya yang berada dalam jaringan rumah sakit Muhammadiyah-Aisyiyah, pungkasnya.

BERITA REKOMENDASI