Go Digital, KKN-PPM UMY Buatkan Website Bumdes Girirejo

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – Mahasiswa Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) UNiversitas Muhammadiyah Yogyakarta membantu pengolahan sistem informasi Badan Usaha Milik Desa di wilayah Girirejo, Imogiri Bantul.

Ketua program pengabdian sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan KKN UMY Kelompok 133, Titis Wisnu Wijaya, merancang dan Menyusun sistem informasi Badan Usaha Milik Desa Mahanani dalam bentuk website serta integrasi media sosial menggunakan Application Programming Interface (API) sebagai peningkatan sumber informasi.

“Sistem informasi Badan Usaha Milik Desa Mahanani masih dilakukan secara manual. Dalam menyampaikan informasi kepada khalayak masyarakat yang ada di desa Girirejo maupun luar daerah belum banyak mengetahui adanya kegiatan dan apa yang dikelola oleh BUMDes. Oleh karena itu, perlu disusun sebuah website resmi BUMDes Mahanani yang dapat diakses menggunakan internet oleh seluruh masyarakat dalam mengakses informasi,” katanya.

Titis Wisnu menambahkan dengan menggunakan model pengembangan website terintegrasi seperti ini diharapkan dapat mempermudah dalam mengakses informasi dan meningkatkan pelayanan pemasaran usaha maupun produk lokal yang ada di desa Girirejo yang dikelola oleh BUMDes Mahanani. Disamping itu, BUMDes berperan sebagai lembaga sosial yang berpihak pada kepentingan masyarakat melalui kontribusi dalam penyediaan pelayanan sosial. Sedangkan dari sisi komersial bertujuan untuk mencari keuntungan melalui penawaran sumber daya maupun produk lokal ke pasar.

“Website sebagai manajemen informasi secara garis besar digunakan sebagai media informasi publik yang dapat diakses secara online. Pengelola dapat menggunakan website sebagai media informasi yang meliputi profil, berita, galeri, dan statistik tentang BUMDes Mahanani. Pengembangan sistem informasi melalui pemanfaatan teknologi website serta integrasi media sosial menggunakan Application Programming Interface (API),” tambahnya.

BERITA REKOMENDASI