Kelompok 134 KKN Reguler IT UMY Buatkan Akun GMB UMKM Kripik Sagu

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – Kelompok 134 KKN Reguler IT UMY menggelar program Pengembangan Pemasaran Produk Lokal Melalui Pembuatan Akun Google My Business (GMB) dan Pembaruan Labelling dan Packaging Produk diwilayah Kerten, Kunden, Imogiri, Bantul.

Ketua program pengabdian sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan KKN UMY Kelompok 134, Titis Wisnu Wijaya mengatakan UMKM yang dikelola di wilayah tersebut secara umum dikelola secara mandiri. Model pemasarannya dititipkan dari satu toko ke toko yang lainnya. Oleh karena itu, tim pengabdi menginisisasi program pengabdian di UMKM salah satunya milik Ibu Paijah dalam mengembangkan pemasaran yang lebih luas melalui Google My Business (GMB) dan pembaruan labelling dan packaging produk seiring dengan analisa kebutuhan pemasaran.

“Dengan adanya akun Google My Business diharapkan produk Ibu Paijah ini akan dikenal secara luas melalui internet. Sejalan dengan itu, labelling dan packaging menjadi faktor pendukung dalam pemasaran yang luas baik secara langsung maupun dalam jaringan. Sehingga roda perekonomian UMKM Ibu Paijah dapat berkembang dengan baik,” katanya.

Ibu Paijah atau yang akrab dengan panggilan Yu Jah sebagai pemilik UMKM Keripik tempe sagu dan peyek yang diberi nama “Echo” ini merasa sangat senang dan berterima kasih kepada Kelompok 134 KKN Reguler IT UMY dan juga Bapak DPL KKN, Titis Wisnu Wijaya, beserta Tim LP3M UMY yang telah memberikan kesempatan kepada UMKM untuk mengembangkan penjualan ke pasar yang lebih luas, harapannya pelaku UMKM bisa menjalankan program ini secara mandiri kedepan.

Google Bisnisku atau Google My Business merupakan fitur gratis yang mudah digunakan oleh para pengelola bisnis maupun organisasi untuk keperluan mengelola kehadiran online mereka di Google, termasuk juga dipenelusuran dan Google Maps. Dengan hanya verifikasi dan mengedit informasi bisnis ataupun usahanya, maka dapat membantu pelanggan menemukan bisnis anda dan menceritakan kisah tentang bisnis anda kepada mereka (calon pelanggan). (*)

BERITA REKOMENDASI